Meningkatkan Hasil Belajar IPA Menggunakan Model Pembelajaran Talking Stick Pada Materi Sumber Daya Alam Di Kelas IV-4 SDN Utama 2 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Hasil Belajar IPA Menggunakan Model Pembelajaran Talking Stick Pada Materi Sumber Daya Alam Di Kelas IV-4 SDN Utama 2 Tarakan

Meningkatkan Hasil Belajar IPA Menggunakan Model Pembelajaran Talking Stick Pada Materi Sumber Daya Alam Di Kelas IV-4 SDN Utama 2 Tarakan

Pengarang : Rusdiana - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2013
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA pada materi Sumber Daya Alam pada subjek Penelitian Tindakan Kelas (PTK) kelas IV-4 SDN Utama 2 Tarakan. Berdasarkan hasil observasi ditemukan adanya permasalahan, yaitu (1) hasil belajar IPA siswa masih rendah (belum mencapai KKM), (2) siswa kurang memperhatikan guru pada saat mengajar sehingga kondisi kelas menjadi tidak kondusif dan (3) siswa kurang aktif selama proses pembelajaran.
Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing terdiri dari Perencanaan, Pelaksanaan Tindakan, Observasi dan Refleksi. Teknik penumpulan data yang digunakan adalah tes dan observasi. Instrumen Penelitian yang digunakan adalah tes hasil belajar, lembar pengamatan aktivitas guru dan lembar pengamatan aktivitas belajar siswa dalam proses pembejaran. Persentase ketuntasan belajar secara klasikal pada siklus I sebesar 50% meningkat menjadi 83%.
Kesimpulan dari penelitian tindakan kelas ini adalah Model Pembelajaran Talking Stick pada pembelajaran IPA materi sumber daya alam di kelas IV-4 SDN Utama 2 Tarakan meningkatkan hasil belajar siswa.

Kata Kunci: Hasil Belajar, IPA, Model Pembelajaran Talking Stick

The research design of this research used Classroom Action Research (CAR). The objective of this research was to improve the Students’ Achievement on Natural Resource through Talking Stick Model at Forth Grade Students of SD Negeri Utama 2 Tarakan. Based on the preliminary study showed some problems in teaching learning process, namely 1) students had a lack of motivation in learning, 2) students bored toward the teaching activities. The research was done from 14 to 24 May 2013 in even semester 2012/2013. This research was done into some steps; planning, implementing, observing and reflecting. The research instruments were observation sheet and test. Based on the result of study in first cycle the students’ score was 50% and the second cycle was 83% of the percentage of students who gained the minimum score. It indicates that students have gained the criteria of success in this research and the students’ motivation was rising and priding by talking stick Model. By understanding the result of this study, it can be concluded that the talking stick Model can improve the Students’ Achievement on Natural Resource at fourth grade students of SD Negeri Utama 2 Tarakan. Keywords: Talking Stick, Students’ Achievement

Detail Informasi