
Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Perkembang Biakan Secara Vegetatif Melalui Strategi Pembelajaran Contextual Teaching Learning Di Kelas VIB SDN 005 Tarakan
Pengarang : Rahmat Hidayat - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2013XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA pada materi Perkembangbiakan Secara Vegetatif Melalui Strategi Pembelajaran Contextual Teaching Learning di Kelas VIB SDN 005 Tarakan.
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan dalam 2 siklus, masingmasing terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi/ pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan terdapat 3 tahapan yaitu persiapan, pelaksanaa dan laporan. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah tes hasil belajar, lembar penilaian psikomotorik siswa, lembar pengamatan aktivitas siswa dan lembar aktivitas pengamatan guru dalam pengelolaan pembelajaran.
Rata-rata hasil belajar pada aspek psikomotorik untuk semua aspek diperoleh siswa pada siklus I ke siklus II meningkat menjadi 7,47. Rata-rata hasil pelajaran adalah 68,18 dan pada siklus II adalah 75,68.
Kesimpulan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini adalah penggunaan strategi pembelajaran contextual teaching learning dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas VI B SDN 005 Tarakan.
Kata Kunci: Hasil Belajar, IPA, Contextual Teaching Learning
This study aims to improve science learning outcomes in terms Vegetative material proliferation of Learning Through Contextual Teaching Learning Strategies in Class 005 VIB SDN Tarakan. Classroom Action Research (CAR) is carried out in two cycles, each consisting of four stages: planning, action, observation / observation and data collection used reflection. There are 3 stages: preparation, execution and reporting. Data collection instruments used were achievement test, psychomotor student assessment sheets, observation sheets and activity sheets normaly spengamatan student teachers in the learning management. Average learning outcomes in the psychomotor aspect to all aspects of the students obtained in the first cycle kesiklus II increased to 7.47. The average result of learning is 68.18 and the second cycle was 75.68. Conclusion Classroom Action Research (CAR) is the use of contextual teaching learning strategies can improve the learning outcomes of students learning science class VI B SDN 005 Tarakan. Keywords: Learning Outcomes, IPA, Contextual Teaching Learning