
Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Pada Materi Menulis Pengumuman Melalui Model Pembelajaran Think, Talk, Write Kelas IV-A SD Negeri 009 Tarakan
Pengarang : Roslindah - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2013XML Detail Export Citation
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia pada materi menulis pengumuman melalui model pembelajaran think, talk, write kelas IV-A SDN 009 Tarakan.
Jenis Penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini terdiri dari 4 tahap yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi.
Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Pada siklus I, nilai hasil belajar siswa mencapai 56 %, sementara pada silkus II meningkat menjadi 85%. Kesimpulan dari penelitian tindakan kelas ini adalah model pembelajaran think, talk, write dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Model Pembelajaran Think, Talk, Write
The objective of this research was to improve students’ achievement on Writing Announcement Bahasa Indonesia through Think, Talk, Write Model Fourth Grade Students of SD 009 Tarakan. The research design of this research used Classroom action research. This research was done into some steps; Planning, Implementing, Observing, Reflecting. The research was done in two cycles. In the first cycle, students achievement was 56 % while in second cycle was 85%. By understanding the result of this study, it can be concluded that think, talk, write Model can improve the Students’ Achievement on Writing Announcement at the Fourth Grade Students of SDN 009 Tarakan. Keywords: Students’ Achievement, Think, Talk, Write Model