Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Pada Materi Drama Di Kelas V-B SDN 013 Tarakan Dengan Menggunakan Media Video Youtube “Cinderela” | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Pada Materi Drama Di Kelas V-B SDN 013 Tarakan Dengan Menggunakan Media Video Youtube “Cinderela”

Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Pada Materi Drama Di Kelas V-B SDN 013 Tarakan Dengan Menggunakan Media Video Youtube “Cinderela”

Pengarang : Ria Indah Wati - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2013
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas in dilaksanakan untuk memecahkan masalah yaitu: Bagaimana meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia pada materi drama di kelas V-B SDN 013 Tarakan dengan menggunakan media video youtube “Cinderela”.
Penelitian dilaksanakan dengan 2 siklus, dimana siklus tersebut mencakup empat langkah, yaitu: perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V-B SDN 013 Tarakan dengan populasi 34 orang siswa.Dengan menggunakan instrument penelitian tes unjuk kerja dan lembar pengamatan.Tekhnik analisis data yaitu data tes dan data hasil observasi.
Hasil penelitian tindakan ini adalah siklus I nilai rata-rata siswa 66 dengan ketuntasan 50% dan siklus II nilai rata-rata siswa 74 dengan ketuntasan 79.4% dan telah mencapai standar ketuntasan minimal yang ditetapkan yaitu 75.
Kesimpulan penelitian ini berupa: (1) terjadi peningkatan hasil belajar siswa dari 50% pada siklus I menjadi 79.4% pada siklus 2; (2) media video youtube berfungsi sangat baik pada proses pembelajaran berlangsung; (3) siswa terlihat lebih aktif belajar menggunakan media video youtube. Secara umum media video youtube dapat meningkatkan hasil dan motivasi belajar siswa.

Kata Kunci: Hasil Belajar, Media Video Youtube, Drama

The experiment was conducted with a 2 cycle, where the cycle includes four steps: planning, action, observation, and reflection. The subjects were students of class V-B SDN 013 Tarakan with a population of 34 students. By using a performance test instrument of research and observation sheet. Data analysis techniques, namely data and test result data of observation. Research results of these action is the cycle I average value with 66 students with 50% and cycle II grade point average with 74 students with 79.4% and have reached the specified minimum standards with which 75. The conclusion of this study include: (1) an increase in student learning outcomes from 50% in cycle I to 79.4% in cycle 2, (2) video youtube media works very well on the learning process takes places, (3) looks more active students learning using video youtube media. In general, video YouTube media can enhance students learning outcomes and motivation. Keywords: Learning Outcomes, Video YouTube Media, Drama

Detail Informasi