Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Materi Operasi Hitung Perkalian Dan Pembagian Bilangan Melalui Model Pembelajaran Talking Stick Siswa Kelas IVA SDN 009 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Materi Operasi Hitung Perkalian Dan Pembagian Bilangan Melalui Model Pembelajaran Talking Stick Siswa Kelas IVA SDN 009 Tarakan

Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Materi Operasi Hitung Perkalian Dan Pembagian Bilangan Melalui Model Pembelajaran Talking Stick Siswa Kelas IVA SDN 009 Tarakan

Pengarang : Retno Enggar Pujiarti - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2013
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Tujuan Penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada materi operasi hitung perkalian dan pembagian bilangan melalui model pembelajaran talking stick siswa kelas IVA SDN 009 Tarakan. Subjek Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini adalah siswa kelas IVA SDN 009 Tarakan yang berjumlah 39 siswa. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan dalam 2 siklus, masing-masing terdiri dari 4 tahapan yaitu Perencanaan, Pelaksanaan, Pengamatan dan Refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan lembar pengamatan.
Hasil belajar pada siklus I ketuntasan belajar klasikal 15%, dan pada siklus II terjadi peningkatan hasil belajar dengan ketuntasan belajar klasikal 95%. PTK ini adalah dengan penerapan model pembelajaran talking stick di kelas IVA SDN 009 Tarakan. Kesimpulan dari penelitian tindakan kelas ini adalah penelitian dengan menggunakan model pembelajaran talking stick di kelas IVA SDN 009 Tarakan meningkatkan hasil belajar pada materi operasi hitung perkalian dan pembagian bilangan.

Kata Kunci: Hasil Belajar, Matematika, Talking Stick

The Purpose this research is to Improve the Result of Mathematics Learning In The Matter Arithmetic Operations Multiplication and Division numbers through the talking stick Learning Model 4th Grade Students of SDN 009 Tarakan. The subject of this Classroom Action Research (CAR) at 39 students of 4th grade of SDN 009 Tarakan. This Classroom Action Research (CAR) is applied in 2 cycles, each cycle consists of four stages, which are Planning, Applicating and Reflecting. Data collecting method used in the Classroom Action Research (CAR) are tests and observation sheets. In the 1st cycle of classical learning resulting 15% of succeed, and there is improvement in the 2nd cycle of classical learning into 95%. This (CAR) is applied talking stick learning model in 4th grade student of SDN 009 Tarakan. The Conclusion of this CAR is talking stick learning model 4th grade student of SDN 009 Tarakan improve the learning results In the Matter Arithmetic Operations Multiplication and Division numbers. Keywords: Result of Learning, Mathematic, Talking Stick

Detail Informasi