
Meningkatkan Keaktifan Siswa Dalam Proses Belajar Mengajar PKN Menggunakan Model Pembelajaran Talking Stick Di Kelas V-A SDN 028 Tarakan
Pengarang : Resi Marlina Pasulu - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2013XML Detail Export Citation
Abstract
Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam proses belajar mengajar PKn menggunakan model pembelajaran Talking Stick di kelas V-A SDN 028 Tarakan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah membuat indikator keberhasilan sebagai parameternya terdiri dari: observasi pembelajaran di sekolah, keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran PKn dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn. Teknik analisis data yang digunakan adalah kualitatif yaitu keaktifan belajar siswa dan data kuantitatif yaitu hasil belajar.
Setelah dilakukan penyebaran angket untuk mengukur besarnya keaktifan, tes tertulis untuk mengukur hasil belajar adalah pada siklus I 74,5% untuk keaktifan dan 67% untuk hasil belajar. Siklus II 82% untuk keaktifan dan 80% untuk hasil belajar. Peningkatan keaktifan dari siklus I ke siklus II adalah 7,5% dan hasil belajar 13%.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran talking stick keaktifan siswa dalam belajar PKn meningkat disertai hasil belajar.
Kata Kunci: Meningkatkan Keaktifan Belajar, Model Pembelajaran Talking Stick
The research objective is to increase the students activeness in the learning process using Talking Stick model in grade V-A at SDN 028 SDN Tarakan. This type of research is a classroom action research (CAR). Data collection techniques in this study are to make a success indicator parameters consist of: observational learning in schools, active students on civics subjects and student learning outcomes in civics subject. The data analysis technique used is qualitative active student learning and the learning outcomes of the quantitative data. After the questionnaire deployment to measure the amount of activity, written test is to measure learning outcomes on 1st cycle is 74,5% for the activeness is 67% for the learning outcomes. The 2nd cycle is 82% for the activeness and 80% for the learning outcomes. The activeness improvement from 1st cycle is 7,5% and learning outcomes is 13%. The results showed that learning by using talking stick teaching model increase student's activeness and learning outcomes in civic subject. Keywords: Improving Students Activeness, Talking Stick Learning Outcomes