
Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Word Square Di Kelas V SDN 030 Tarakan
Pengarang : Rebeka - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2013XML Detail Export Citation
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa melalui penerapan model pembelajaran Word Square di kelas V SDN 030 Tarakan.
Dalam pelaksanaan penelitian menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus. Pengumpulan data diperoleh dari hasil observasi dantes tertulis pada setiap akhir siklus. Bentuk tes berupa pilihan ganda dan bersifat individu. Soal disesuaikan dengan tujuan instruksional khusus yang telah dirumuskan. Subjek penelitian ini adalah kelas V SDN 030 Tarakan dengan jumlah siswa 35 orang.Teknik analisis data yang digunakan adalah data kualitatif (sikap siswa) dan data kuantitatif (nilai hasil belajar siswa).
Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar IPA siswa melalui penerapan model pembelajaran Word square pada materi Sifat-sifat Cahaya. Rata-rata hasil belajar siswa meningkat dari 66% pada siklus I menjadi 80% pada siklus II. Peningkatan tersebut membuktikan bahwa tingkat penguasaan siswa dapat dikategorikan baik.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Model Pembelajaran Word Square
The Purpose of this research was to improve the students’ achievement on Science through the application of Word Square learning model at 5 th grade of SDN 030 Tarakan. The researchdesign of this research used Classroom Action Research (CAR) with two cycle. Data collection obtained by observation result and tests at the end of every cycle. Test form was multiple choice and an individual. The questions fitted with the special instructional purpose which has been designed.The subjects of the research were 35 students of the 5 th grade SDN 030 Tarakan. The researcher used qualitative (students’ behavior) and quantitative (students’ test score) as the analysis technique. The result of analysis showed that Application Word Square Learning Model at 5 th Grade of SDN 030 Tarakan could improve the students’ achievement on Science. The mean of the students result improve from 66% in cycle I into 80% in cycle II. The Improvement showed that students’ achievement was good. Keywords: Students Achievement, Word Square Learning Model