
Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Sumber Daya Alam Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Pada Siswa Kelas IV-B SDN 030 Tarakan
Pengarang : Nilawati - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2013XML Detail Export Citation
Abstract
Berdasarkan hasil observasi ditemukan adanya permasalahan, yaitu (1) hasil belajar IPA siswa masih rendah (belum mencapai KKM), (2) siswa kurang memperhatikan guru pada saat mengajar sehingga kondisi kelas menjadi tidak kondusif dan (3) siswa kurang aktif selama proses pembelajaran.
Penelitian tindakan kelas (PTK) ini dilaksanakan dalam 2 siklus dari tanggal 23 s/d 30 Mei 2013 semester genap 2012/ 2013. Masing-masing terdiri dari 4 tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Instrument pengumpulan data yang digunakan adalah tes hasil belajar, lembar pengamatan aktivitas siswa dan lembar pengamatan guru. Hasil belajar pada aspek kognitif yang diperoleh siswa siklus I mencapai ketuntasan yaitu 58.33 % dari 24 siswa. Siklus II meningkat menjadi 79,17% dari 24 siswa.
Kesimpulan dari penelitian tindakan kelas ini adalah penggunaan Model Pembelajaran Snowball Throwing pada siswa kelas IV-B SDN 030 Tarakan dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Kata Kunci: Hasil Belajar, IPA, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing
The research design of this research used Classroom Action Research (CAR). The objective of this research was to improve the Students’ Achievement on Natural Science Through Snowball Throwing at Forth Grade Students of SD Negeri 030 Juata Tarakan. Based on the preliminary study showed some problems in teaching learning process, namely 1) students had a lack of motivation in learning, 2) students bored toward the teaching activities. The research was done from 23 to 30 May 2013 in even semester 2012/2013. This research was done into some steps; planning, implementing, observing and reflecting. The research instruments were observation sheet and test. Based on the result of study in first cycle the students’ score was 58.33% of 24 students and the second cycle was 79.17% of 24 students who gained the minimum score. It indicates that students have gained the criteria of success in this research and the Students’ Achievement was rising and priding by Snowball Throwing Model. By understanding the result of this study, it can be concluded that the Snowball Throwing Model can improve the Snowball Throwing Model. Keywords: Snowball Throwing, Students’ Achievement