
Meningkatkan Hasil Belajar IPS Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture And Picture Di Kelas IV-C SDN 028 Tarakan
Pengarang : Musdalifah - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2013XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV-C SDN 028 Tarakan dengan menggunakan model kooperatif tipe picture and picture.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus, yang masing-masing siklus terdiri atas tahap perencanaan, tindakan, analisis dan refleksi. Data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi: tes hasil belajar siswa, lembar pengamatan aktivitas siswa dan lembar pengamatan aktivitas guru, dalam pengolaan pembelajaran. Dan pemberian tes berupa uraian.
Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif dan teknik analisis data kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan mulai tanggal 24 April sampai 22 Mei 2013 dengan 4 kali pertemuan dalam 2 siklus. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV-C SDN 028 Tarakan yang berjumlah 34 siswa.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rejadi peningkatan pada hasil belajar siswa. Dapat dilihat dari hasil yang diperoleh pada setiap siklus, sebelum diberikan tindakan ketuntasan belajar secara klasikal mencapai 41% dari kriteria ketuntasan minimum (70). Setelah dilakukan tindakan pada siklus I dan siklus II, pencapaian pembelajaran meningkat dari 41% menjadi 88%, dapat dikatakan bahwa penelitian sudah berhasil.
Dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran picture and picture dapat meningkatkan pembelajaran IPS pada siswa kelas IV-C SDN 028 Tarakan.
Kata Kunci: Hasil Belajar, IPS, Model Pembelajaran Kooperatif Picture and Picture
The objective of this reseach wasto improve the students’ social science learning achievement of class IV-C of SDN 028 Tarakan though cooperative learning model type Picture and picture. This reseach empolyed classroom action research is was carried out in two cyles in wich each sycle consisted of planning, impelementing the action, observation, and reflection. The subject of this research was the student of class IV-C of SDN 028 Tarakan which consisted of 34 student. The data were obtained by using the observation sheet for by using the observation sheet for activity students’ the observation sheet for teacher’s activity, and achievement test in a from of essay. The result of the reseach showed that there was an improvement on students’ learning achievement. This could be seen from the reselt on each cycle prior learning mastery clasically reached only 41% from the minimum passing grade 70, but after implementing the action of cycle I and II learning achievement from 41% to 88%. It could be drawn a conclusion that the use though cooperative learning model type Picture and picturecould improve the students’ social science learning at class IV-C SDN 028 Tarakan. Keywords: Learning Achievement, Social Science, Cooperative Learning Model Type Picture and Picture