
Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Sederhana Melalui Media Gambar Berseri Pada Siswa Kelas IV-B SDN 033 Juata Laut Tarakan
Pengarang : Murni Laing - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2013XML Detail Export Citation
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk untuk untuk meningkatkan kemampuan menulis sederhana melalui gambar berseri pada siswa kelas IV-B SDN 033 Juata Laut Tarakan Tahun Pelajaran 2012/2013. Penelitian ini dilakukan mulai dari tanggal 2 Juli 2012 s.d 2 September 2012.
Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah seorang guru kelas IV-B yang mengajar mata Pelajaran Pendidikan Bahasa Indonesia serta siswa kelas IV-B di SDN 033 Juata Laut Tarakan yang berjumlah 31 orang siswa terdiri atas siswa laki-laki 18 orang dan siswa perempuan 13 orang.
Berdasarkan rumusan masalah dari hasil penelitian serta pembahasannya, maka disimpulkan bahwa pembelajaran menulis sederhana melalui media gambar berseri dapat meningkatkan hasil belajar pada siswa kelas IV-B SDN 033 Juata Laut. Hal ini dapat dibuktikan dalam hasil nilai pada tahapan siklus 1 dan siklus yang menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan media gambar seri dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Ini dapat dilihat dari semakin meningkatnya pemahaman siswa terhadap materi yang disampaikan guru dan ketuntasan hasil belajar meningkat pada tahapan siklus 1 dan 2 yaitu masing-masing 67,66% pada siklus 1 dan 77% pada siklus 2. Penerapan pembelajaran menulis mempunyai pengaruh positif,yaitu dapat meningkatkan motivasi belajar siswa yang ditunjukkan dengan rata-rata jawaban siswa yang menyatakan bahwa siswa tertarik dan berminat dengan menulis dengan menggunakan media gambar seri sehingga mereka menjadi termotivasi untuk belajar menulis.
Kata Kunci: Mengarang, Media, Gambar Berseri
The purpose of this study to initiatives to improve the ability to write a simple essay through images beamed in class IV-B SDN 033 Tarakan Sea Juata Academic Year 2012/2013. The research was carried out starting from the date of July 2, 2012, to 2 September 2012. This research is Classroom Action Research (CAR), which consists of 2 cycles. Subjects in this study was a fourth-grade teacher who taught a lesson Bs Indonesian Education and fourth grade students at SDN 033-B Marine Juata Tarakan totaling 31 students consisted of male students and female students 18 people 13 people. Based on the formulation of the problem of the research and discussion, it was concluded that the achievement of student learning outcomes in a simple essay writing using picture media glow is good. This is evident in the results of the value of the phase cycle 1 and cycle show that learning to use the media image series can improve student achievement. It can be seen from the increasing students' understanding of the material presented teachers and mastery learning outcomes increased cycle stages 1 and 2, respectively 67.66% in cycle 1 and 77% in cycle 2. Application of learning to write essays has a positive effect, which can increase student motivation as indicated by the average response of students who stated that students are interested in and are interested in writing essays using a series of media images so that they become motivated to improving writing learn. Keywords: Writing, Media, Picture Series