Meningkatkan Hasil Belajar IPS Materi Masalah Sosial Melalui Strategi Belajar MURDER (Mood, Understand, Recall, Digest, Expand, Review) Di Kelas IV-B SDN 006 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Hasil Belajar IPS Materi Masalah Sosial Melalui Strategi Belajar MURDER (Mood, Understand, Recall, Digest, Expand, Review) Di Kelas IV-B SDN 006 Tarakan

Meningkatkan Hasil Belajar IPS Materi Masalah Sosial Melalui Strategi Belajar MURDER (Mood, Understand, Recall, Digest, Expand, Review) Di Kelas IV-B SDN 006 Tarakan

Pengarang : Mulya Yusnarti - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2013
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan hasil belajar IPS siswa kelas IV-B SDN 006 Tarakan melalui strategi belajar MURDER (Mood, Understand, Recall, Digest, Review) pada materi masalah sosial di lingkungan setempat.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus, yang masing-masing siklus terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV B SDN 006 Tarakan yang berjumlah 38 siswa, data yang diperoleh dengan menggunakan tes hasil belajar siswa dalam bentuk pilihan ganda, lembar pengamatan aktivitas guru dan lembar pengamatan aktivitas siswa dalam pengelolaan pembelajaran. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif dan teknik analisis data kuantitatif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pada hasil belajar siswa. Dapat dilihat dari hasil yang diperoleh pada setiap siklus, sebelum diberikan tindakan ketuntasan belajar secara klasikal hanya mencapai 39,47% dari kriteria ketuntasan minimum (75). Setelah dilakukan tindakan pada siklus I dan siklus II, pencapaian pembelajaran meningkat secara bertahap dari 65,79% sampai 81,58% masing-masing siklus.
Dapat disimpulkan bahwa penggunaan strategi belajar MURDER (Mood, Understand, Recall, Digest, Review) dapat meningkatkan pembelajaran IPS Pada Siswa Kelas IV B SDN 006 Tarakan.

The objective of this research was to improve the students’ social science learning achievement of class IV-B 0f SDN 006 Tarakan through MURDER (Mood, Understand, Recall, Digest, Review) learning strategy on surrounding social problems. This research employed classroom action research (CAR) which was carried out in 2 (two) cycles in which each cycle consisted of planning, implementing the action, observation, and analysis and reflection. The subject of this research was the students of class IV-B of SDN 006 Tarakan which consisted of 38 students. The data were obtained by using the observation sheet for teacher’s activity the observation sheet for students’ activity, and achievement test in a form of multiple choice. The result of the research showed that there was an improvement on students’ learning achievement. This could be seen from the results of each cycle prior learning mastery classically reached only 39,47% from the minimum passing grade (75), but after implementing the action of cycle I and II the learning achievement gradually improved from 65,79% to 81,58%. It could be drawn a conclusion that the use of MURDER (Mood, Understand, Recall, Digest, Review) learning strategy could improve the students’ social science learning achievement at class IV-B SDN 006 Tarakan.

Detail Informasi