
Meningkatkan Hasil Belajar IPS Materi Masalah Sosial Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Talking Stick Di Kelas IV- A SDN 024 Tarakan
Pengarang : Meri Kombong - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2013XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian tindakan kelas (PTK) ini dilaksanakan dalam 2 siklus yaitu tanggal 20 Mei 2013 dan 23 Mei 2013 siklus I dan 27 Mei 2013 dan 30 Mei 2013 siklus II semester genap 2012/2013. Masing-masing terdiri 4 tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Instrumen pengumpulan datayang digunakan adalah tes hasil belajar, lembar pengamatan aktifitas siswa dan lembar akitifitas pengamatan guru.
Tujuan dilaksanakan penelitian ini adalah meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPS siswa kelas IV dengan model pembelajaran Talking Stick. Hasil belajar aspek kognitif yang diperoleh pada siklus I mencapai ketuntasan yaitu sebesar 86% dari 23 siswa dan siklus kedua meningkat menjadi 95% dari 23 siswa.
Kesimpulan penelitian tindakan kelas (PTK) ini adalah penggunaan model pembelajaran Talking Stick pada pembelajaran IPS pada siswa kelas IV SDN 024 Tarakan dapat meningkatkan hasil belajar.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Ilmu Pengetahuan Sosial Masalah Sosial, Model Pembelajaran Talking Stick
Classroom Action Research (CAR) is carried out with two cycles, the first cycle at May 20, 2013, and May 23, 2013 and the second cycle on May 27, 2013, and May 30, 2013. The sycles each of four steps, that is: plannig, execution, observation, and reflection. While the instrument of data collection consists of learning achievement test student’s sheet observation and teacher’s sheet observation. The purpose of carried this research is for improving the Social Science Learning at class IV with learning model Talking Stick. Cognitive aspects of learning outcomes acquired first cycle students achieve mastery in the amount of 86% from 23 students and the second cycle increased to 95% from 23 students. Conclusion of Classroom Action Research (CAR) is using of learning model Talking Stick in social science at class IV SDN 024 Tarakan can increase achievement student learning. Keywords: Result Study, Social Science Learning Social Problem, Talking Stick Learning Model