
Analisis Kesulitan Membaca Permulaan Siswa Kelas II-A SDN 005 Tarakan
Pengarang : Litria Rahmadani - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2023XML Detail Export Citation
Abstract
Kesulitan membaca permulaan adalah suatu kondisi dimana siswa mengalami keterhambatan dalam membaca yang disebabkan oleh beberapa faktor dari dalam maupun luar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan membaca yang dialami siswa kelas II-A SDN 005 Tarakan. Dan faktor-faktor apa yang menyebabkan kesulitan membaca tersebut. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui tes kemampuan membaca permulaan, observasi, dan dokumentasi. Dan wawancara terhadap siswa serta guru kelas II-A untuk mengetahui faktor kesulitan membaca permulaan. Sebanyak 27 siswa kelas II-A menjadi calon subjek penelitian untuk mengikuti tes awal kemampuan membaca permulaan. Selanjutnya peneliti memilih 4 siswa yang dari hasil tes awal kemampuan membaca permulaan pada kategori perlu bimbingan untuk dilakukan tes kemapuan membaca dan observasi pada saat penelitian. Lalu peneliti juga melakukan wawancara kepada siswa dan dikonfirmasi kembali kepada guru kelas II-A tentang faktor kesulitan membaca permulaan yang dialami siswa.
Hasil penelitian penelitian menunjukan bahwa: 1) siswa tidak lancar dalam membaca, siswa banyak melakukan kesalahan dalam membaca seperti: penghilangan huruf, pengantian kata, dan tidak memperhatikan tanda baca ketika membaca. Kemudian siswa juga kesulitan membedakan huruf yang mirip. Siswa juga belum mengenal huruf alfabet secara keseluruhan lalu ada juga siswa yang kesulitan melafalkan suku kata dan kata yang didalamnya terdapat huruf diagraf dan diftong, sehingga siswa melalukan kesalahan pada saat membaca. 2) adapun faktor-faktor penyebab kesulitan membaca yang dialami siswa mengalami keterlambatan berbicara, orang tua sibuk bekerja, kesukaran dalam membaca serta, minat siswa dalam membaca masih kurang.
Kata Kunci: Membaca Permulaan, Faktor Penyebab
Students with early reading difficulties experience reading delays brought on by a veriety of internal and environmental variables. The purpose of this study was to identify the reading issues faced by class II-A students at SDN 005 Tarakan and what conditions made reading challenging. This kind of study employed a descriptive qualitative research methodology. Initial reading proficiency exams, observation, and documentation were used to collect data. Interviews with teachers and students in class II-A were also conducted to determine the causes if the early reading difficulties. The initial reading proficiency exam wa given to a total of 27 students in class II-A who werepotential research participants. In addition, the researcher selected 4 students to participate in reading and observation assessments throughout the study whose initial reading ability test scores fell into the category of requiring supervision. The researcher then talked with students in interviews and checked her findings with the class II-A teacher once more regarding the causes of the students’ early reading challenges. The study’s findings indicated that: 1) Students struggled with reading fluency and frequently made mistakes while reading, including leaving out letters, altering words,and failing to pay attention to punctuation. Students frequently struggled to tell similar-looking letters apart. Students also made mistakes when reading because rhey were unfamiliar with the alphabet as a whole and beccause some of them had troble pronouncing words and syllables that contained digraphs and diphthongs. 2) speaking lags, working parents, reading challenges, and a lack of motivation among students were some of the causes of reading issues that students encountered. Keywords: Early Reading Difficulties, Causal Factors