Analisis Kemampuan Membaca Pemahaman Pada Siswa Kelas V-A SD Negeri 005 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Analisis Kemampuan Membaca Pemahaman Pada Siswa Kelas V-A SD Negeri 005 Tarakan

Analisis Kemampuan Membaca Pemahaman Pada Siswa Kelas V-A SD Negeri 005 Tarakan

Pengarang : Wirdanianti - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2023
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Membaca pemahaman ini suatu yang sangat penting dalam proses pembelajaran, dengan membaca pemahaman ini kita dapat memahami isi teks atau bacaan yang kita baca sehingga kita dapat mengetahui alur bacaan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan membaca pemahaman pasa siswa kelas V-A SD Negeri 005 Tarakan. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas V-A SD Negeri 005 Tarakan. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa tes kemampuan membaca pemahaman, wawancara dan dokumentasi. Sebanyak 24 siswa kelas V-A menjadi partisipan dalam penelitian dan mengikuti tes yang diberikan. Setelah itu peneliti memilih 6 siswa yang akan dikelompokkan menjadi 3 pengelompokkan yang berdasarkan hasil tertinggi, sedang dan rendah yang di pilih secara random. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa masih terdapat siswa yang belum mampu dalam membaca pemahaman dengan baik. berdasarkan hasil tes yang telah dilakukan kepada siswa, terdapat indikator soal yang dimana siswa masih kurang dalam memahaminya seperti pemahaman pada suatu teks bacaan yang telah dibaca, menentukan tokoh dan watak tokoh yang terdapat pada teks bacaan dan menentukan suatu amanat atau pesan yang terkadung dalam suatu teks bacaan.

Kata Kunci: Kemampuan Membaca Pemahaman, Bahasa Indonesia, Siswa

Reading comprehension is fundamental in the learning process. By reading comprehension, the readers can understand the contents of the text to find out the reading flow. This study aimed to determine the ability to read comprehension in class V-A SD Negeri 005 Tarakan. This study used qualitative research. The data source in this study were students of class V-A SD Negeri 005 Tarakan. Data collection techniques used were reading comprehension tests, interviews, and documentation. A total of 24 students of class V-A were participants in completing the tests. After that, the researcher chose six students who would be grouped into three groupings based on the highest, medium, and low results, which were randomly selected. The results of this study indicate that some students still need to be able to read comprehension well. Based on the results of tests that have been carried out on students, there are indicators of questions in which students are still lacking in understanding, such as understanding a reading text that has been read, determining the character and character of the characters contained in the reading text and determining a message or message contained in a text reading. Keywords: Reading Comprehension Ability, Indonesian, School Students

Detail Informasi