Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Sifat-Sifat Bangun Datar Menggunakan Model Pembelajaran Numbered Heads Together Pada Siswa Kelas VB SDN 002 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Sifat-Sifat Bangun Datar Menggunakan Model Pembelajaran Numbered Heads Together Pada Siswa Kelas VB SDN 002 Tarakan

Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Sifat-Sifat Bangun Datar Menggunakan Model Pembelajaran Numbered Heads Together Pada Siswa Kelas VB SDN 002 Tarakan

Pengarang : Lina Octaviana - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2013
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Berdasarkan hasil observasi, pada suswa kelas VB SDN 002 Tarakan ditemukan adanya permasalahan, yaitu (1) penguasaan materi yang rendah, (2) pengalaman belajar siswa yang kurang mendukung terciptanya kemauan belajar, (3) nilai atau hasil belajar siswa cenderung rendah, (4) Guru masih menggunakan model pembelajaran satu arah pada saat proses belajar-mengajar. Selain itu, siswa menjadi bosan karena selama ini hanya metode ceramah saja yang digunakan guru dalam menyampaikan materi matematika, sehingga hasil belajar siswa cenderung rendah dan aktivitas siswa kurang berkembang.
Jenis Penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah Penelitan Tindakan Kelas (PIK) yang dilaksanakan di SDN 002 Tarakan pada semester II tahun ajaran 2012/2013, dengan subjek penelitian adalah siswa kelas VB SDN 002 Tarakan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada materi sifat-sifat bangun datar menggunakan model pembelajaran numbered heads together di kelas VB SDN 00 Tarakan. Penelitan ini dilaksanakan dalam 2 siklus dimana setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Instrumen penelitian untuk memperoleh data perkembangan siswa adalah observasi terhadap perilaku siswa dan tes hasil belajar yang terdiri dari 3 soal uraian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pada hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil yang diperoleh pada setiap siklus, sebelum diberikan tindakan ketuntasan belajar hanya 50% dan setelah diberikan tindakan pada siklus I Ketuntasan hasil belajar siswa menjadi 21,2% pada siklus II meningkat menjadi 81,8% maka dapat dikatakan bahwa penelitian sudah berhasil dan sesuai dengan indikator keberhasilan.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran numbered heads together dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada materi sifat-sifat bangun datar siswa kelas VB SDN 002 Tarakan.

Kata Kunci: Hasil Belajar, Numbered Heads Together, Sifat-Sifat Bangun Datar

Based on observation result, there were some problems found at class VB in SDN 00 Tarakan such as (l) lower material mastery (2) students study experience were not support students will study, (3) score and students' achievement were always low, (4) teachers still using one way n learning process. In addition, students bored because teacher in their class used speech method on teaching learning process, so their achievement and their activity were not developed. The kind of research that are used by researchers is Classroom Action Research (CAR) implemented on SDN 002 Tarakan at second semester 2012/2013, the research subject is students at class VB SDN 002 Tarakan. This research purpose is improving students' achievement on math subject the characteristic of geometry in through numbered heads together model at class VB 002 Taeakan This research took two cycles where every cycle consists of two meetings. Research instrument for obtaining students data development is observation for students' behavior and students score which consists of 3 essays Research result showed that students' achievement was improved. It can see from result in every cycle, before action students' only 50% and after action on the first cycle students became 212% on the second cycle increased up to 81,8%. So, this research succeeds and suitable with the success indicator. Based on the research result, it can conclude by applying Numbered heads together model can improve students' achievement on math subject the characteristic of geometry in material at class VB in SDN 902 Tarakan. Keywords: Learning Outcomes, Numbered Heads Together, Characteristic of Geometry

Detail Informasi