
Meningkatkan Hasil Belajar IPS Pada Materi Masalah Sosial Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Talking Stick Di Kelas IV-B SDN 024 Tarakan
Pengarang : Lidiana Susanti - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2013XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan hasil belajar IPS siswa kelas IV-B SDN 024 Tarakan dengan menggunakan model melalui pembelajaran talking stickpada materi masalah sosial. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus, yang masing-masing siklus terdiri atas tahap perencanaan, tindakan, analisis dan refleksi. Data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi: tes hasil belajar siswa, lembar pengamatan aktivitas guru dan lembar pengamatan aktivitas siswa dalam pengelolaan pembelajaran. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif dan teknik analisis data kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan mulai tanggal 20-29 Mei 2013 dengan 4 kali pertemuan dalam 2 siklus. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV B SDN 024 Tarakan yang berjumlah 23 siswa.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pada hasil belajar siswa. Dapat dilihat dari hasil yang diperoleh pada setiap siklus, sebelum diberikan tindakan ketuntasan belajar secara klasikal hanya mencapai 41,38% dari kriteria ketuntasan minimum (75). Setelah dilakukan tindakan pada siklus I dan siklus II, pencapaian pembelajaran meningkat dari 39% menjadi 96%, Dapat dikatakan bahwa penelitian sudah berhasil.
Dapat disimpulakan bahwa penggunaan model pembelajaran talking stick dapat meningkatkan pembelajaran IPS Pada Siswa Kelas IV B SDN 024 Tarakan.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Ilmu Pengetahuan Sosial, Model Talking Stick
The objective of this research was to improve the students’ social science learning achievement of class IV-B od SDN 024 Tarakan though Talking Stick learning model on social problems. This research employed classroom action research ith was carried out in 2 (two) cycles in which each cycle consisted of planning, implementing the action, observation, and reflection. The subject of this research was the student of class IV-B of DSN 024 Tarakan which consisted of 23 students. The data were obtained by using the observation sheet for teacher’s activity the observation sheet for students’ activity, and achievement test in a from of multiple choice. The result of the research showed that there was an improvement on students’ learning achievement. This could be seen from the result on each cycle prior learning mastery classically reached anly 43,76% from the minimum passing grade 75, but after implementing the action of cycle I and II learning achievement from 39% to 96%. It could be drawn a conclusion that the use of Talking Stick learning models could improve the students’ social science learning achievement at class IV-B SDN 024 Tarakan. Keywords: Learning Achievement, Social Science, Talking Stick Learning Model