Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Dengan Menggunakan Metode Bermain Jawaban Di Kelas IV-B SDN 030 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Dengan Menggunakan Metode Bermain Jawaban Di Kelas IV-B SDN 030 Tarakan

Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Dengan Menggunakan Metode Bermain Jawaban Di Kelas IV-B SDN 030 Tarakan

Pengarang : Kinanti Prasetyo Indarti - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2013
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Matematika pada materi Operasi Hitung Bilangan pada subjek Penelitian Tindakan Kelas (PTK) kelas IV-B SDN 030 Tarakan. Berdasarkan hasil observasi ditemukan adanya permasalahan, yaitu (1) Penguasaan materi yang rendah, (2) pembelajaran masih didominasi oleh guru dengan menggunakan metode ceramah dan tidak melibatkan siswa secara aktif, (3) Aktifitas siswa hanya mendengarkan dan menulis apa yang disampaikan oleh guru dan siswa merasa bosan dan jenuh sehingga kurang merespon materi yang disampaikan oleh guru yang mengakibatkan hasil belajar siswa rendah. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing terdiri dari Perencanaan, Pelaksanaan Tindakan, Observasi dan Refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan observasi. Instrumen Penelitian yang digunakan adalah tes hasil belajar, lembar pengamatan aktivitas guru dan lembar pengamatan aktivitas belajar siswa dalam proses pembejaran. Persentase ketuntasan belajar secara klasikal pada siklus I sebesar 47% meningkat menjadi 83% pada siklus II.
Kesimpulan dari penelitian tindakan kelas ini adalah metode bermain jawaban pada pembelajaran Matematika materi operasi hitung bilangan di kelas IV-B SDN 030 Tarakan meningkatkan hasil belajar siswa.

Kata Kunci: Hasil Belajar, Matematika, Metode Bermain Jawaban

This study aims to improve the learning outcomes of Mathematics on the subject of Operational Count Numbers using Classroom Action Research (CAR), in IV-B class of SDN 030 Tarakan. Based on the results of the observation, problems existence was found, which is (1) low of material Mastery, (2) learning is still dominated by teacher by using lecturing method which didn’t involve students actively, (3) student’s Activity only listen and write what being conveyed by teacher, which make students feel bored and tired, which results in less response of the material presented by the teacher and resulted in low student learning outcomes. This study was conducted in two cycles, each consisting of Planning, Implementation Measures, Observations and Reflections. Data collection techniques used were tests and observations. The research instrument used is the achievement test, teacher observation sheets and observation of student’s learning activities in the learning process sheets. Percentage in the classical mastery learning in the first cycle increased by 47% to 83% in the second cycle. The conclusion of this action research is the use of playing answers method on Mathematics learning in arithmetic operations numbers material in grade IV-B SDN 030 Tarakan improves student learning outcomes. Keywords: Learning Outcomes, Mathematics, Playing Answer Methods

Detail Informasi