Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Siswa Kelas V-C SD Negeri Utama 1 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Siswa Kelas V-C SD Negeri Utama 1 Tarakan

Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Siswa Kelas V-C SD Negeri Utama 1 Tarakan

Pengarang : Jumihatin - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2013
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS pada materi menghargai peranan para tokoh yang mempertahankan Kemerdekaan Indonesia pada subjek PTK siswa kelas V-C SD Negeri Utama 1 Tarakan.
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan dalam 2 siklus masing masing terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi/pengamatan, dan refleksi. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah Tes Hasil Belajar, Lembar Pengamatan Aktivitas Siswa, dan Lembar Pengamatan Guru dalam pengelolaan pembelajaran.
Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari persentase ketuntasan hasil belajar klasikal pada siklus I sebesar 68% meningkat menjadi 90% pada siklus II.
Penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw pada pembelajaran IPS pada siswa kelas V-C SD Negeri Utama 1 Tarakan dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Kata Kunci: Hasil Belajar, IPS, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw

This study aims to improve learning outcomes IPS in material respect the appreciating the role of leaders who maintain Indonesian Independence on the subject of a class V-C student PTK SD Negeri Primary 1 Tarakan. Classroom Action Research (PTK) is carried out in two cycles each consisting of four stages: planning, action, observation, and reflection. Data collection instruments used were tests Learning Outcomes, Student Activity Observation Sheet, and Teacher Observation Sheet in the management of learning. Results of research that has been done shows that an increase in student learning outcomes. It can be seen from the percentage of completeness classical learning outcomes in the first cycle of 68% increased to 90% in the second cycle. Use Jigsaw cooperative learning model on social studies learning in class V-C Primary SD Negeri 1 Tarakan can improve student learning outcomes. Keywords: Learning Outcomes, Social, Jigsaw Cooperative Learning Type

Detail Informasi