
Pengembangan Instrumen Penilaian Untuk Mengukur Keterampilan Proses Sains Siswa Pada Materi Struktur Dan Fungsitumbuhan Di Kelas VIII SMP Kota Tarakan
Pengarang : Devi Fitri Anita - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2023XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan instrumen penilaian berbasis keterampilan proses sains yang berkualitas dan layak digunakan sebagai alat evaluasi pada materi struktur dan fungsi tumbuhan kelas VIII SMP kota tarakan. Jenis Penelitian yang digunakan adalah mengacu pada penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R & D) terdiri dari 9 tahapan yaitu: (1) Potensi dan masalah, (2) Pengumpulan data, (3) Desain produk, (4) Validasi desain, (5) Revisi desain, (6) Uji coba produk, (7) Revisi produk, (8) Uji coba pemakaian, (9) Revisi produk. Intrumen Pengumpulan data yang digunakan yaitu: lembar wawancara, lembar validasi, dan instrumen tes. Penelitian ini dilakukan di SMP Frater Don Bosco Tarakan. terdapat 25 soal pilihan ganda yang dikembangkan pada draf awal. Hasil validasi ahli evaluasi sangat layak, ahli materi sangat layak, praktisi guru sangat layak. Hasil uji validitas 23 pertanyaan valid, reliabilitas sangat tinggi dalam kategori reliabel. Hasil analisis daya pembeda 14 item soal dengan kategori baik sekali dengan tingkat kesukaran 5 item soal dalam kategori sukar. Hasil uji analisis ini disusun sebagai produk akhir instrumen penilaian keterampilan proses sains.
Kata Kunci: Pengembangan Instrumen, Penilaian Keterampilan Proses Sains.
This study aimed to obtain an assessment instrument based on science process skills that are of good quality and suitable for use as an evaluation tool on plant structure and function material for class VIII SMP Kota Tarakan. The type of research used refers to research and development (R & D) consisting of 9 stages, namely: (1) potential and problems, (2) data collection, (3) product design, (4) design validation, (5) Design revisions, (6) Product trials, (7) Product revisions, (8) Usage trials, (9) Product revisions. The data collection instruments used were: interview sheets, validation sheets, and test instruments. This research was conducted at Junior High School Brother Don Bosco Tarakan. There are 25 multiple-choice questions developed in the initial draft. The validation results of evaluation experts, material experts, and teacher practitioners were very feasible. The results of the validity test 23 questions were valid. The analysis results of differentiating power of 14 items were very good with a level of difficulty of 5 items in the difficult category. The final test analysis was structured as the final product of the skills assessment instrument. Keywords: Instrument Development, Science Process Skills Assessment.