Meningkatkan Hasil Belajar IPS Pada Materi Sumber Daya Alam Berbantuan Komputer Di Kelas IV-A SDN 031 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Hasil Belajar IPS Pada Materi Sumber Daya Alam Berbantuan Komputer Di Kelas IV-A SDN 031 Tarakan

Meningkatkan Hasil Belajar IPS Pada Materi Sumber Daya Alam Berbantuan Komputer Di Kelas IV-A SDN 031 Tarakan

Pengarang : Juel Kefli - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2013
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar IPS pada materi sumber daya alam berbantuan komputer di SDN 031 Tarakan. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam 2 siklus, yang terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, tindakan dan observasi, refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa tes dan non tes.
Tes hasil belajar IPS pada siklus I diperoleh rata-rata yakni 77.25 dan pada siklus II 90.56 sehingga terjadi peningkatan rata-rata dari siklus I ke siklus II sebesar 13.31, pada siklus I siswa yang telah mencapai KKM sebanyak 10 Siswa dari 22 orang sehingga jika dipersentasinya jumlah ketuntasannya hanya mencapai 45.45% Namun pada siklus II siswa yang telah mencapai KKM sebanyak 19 Siswa dari 22 orang sehingga jika dipersentasinya jumlah ketuntasannya telah mencapai 86.36% sehingga jadi dapat disimpulkan bahwa penggunaan pembelajaran berbantuan komputer dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IVa di SDN 031 Tarakan.

Kata Kunci: Hasil Belajar, Media Pembelajaran Berbantuan Komputer

This research was aimed to improve students’ achievement on the natural resources by using computer in the IV-A Class of SDN 031 Tarakan. Class action research was conducted in 2 cycles which consists of 4 steps. They are planning, implementing, acting and observing, and reflecting. The used technique of collecting data were test and non test. The result of the test on the cycle I is gained average 77.25 and on the cycle II is gained average 90.56, so that it happens an average improvement from the cycle I to cycle II is 13.31. On the cycle I, the students who passed the criteria of success are 10 students of 22 students, so that if it is in the percentage, it is 45.45%. Nonetheless, on the cycle II, the students who passed the criteria of success is 19 students of 22 students, so that if it is in the percentage, it is 86.36%. It can be concluded that the use of learning by using computer can improve students’ achievement of IV-A class of SDN 031 Tarakan. Keywords: Students’ Result, Learning Media, and Using Computer

Detail Informasi