Meningkatkan Motivasi Belajar IPS Menggunakan Metode Pembelajaran Tipe Group Investigation Pada Siswa Kelas IV A SDN 012 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Motivasi Belajar IPS Menggunakan Metode Pembelajaran Tipe Group Investigation Pada Siswa Kelas IV A SDN 012 Tarakan

Meningkatkan Motivasi Belajar IPS Menggunakan Metode Pembelajaran Tipe Group Investigation Pada Siswa Kelas IV A SDN 012 Tarakan

Pengarang : Irsannur - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2013
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Judul penelitian ini adalah Meningkatkan Motivasi Belajar IPS Menggunakan Metode Pembelajaran Tipe Group Investigation Pada Siswa Kelas IV A SDN 012 Tarakan. Menggunakan penelitian Tindakan Kelas ( PTK ). Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 30 April sampai 30 Juni semester genap tahun 2013/2014. Desain peneitian ini terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Pengumpulan data yang digunakan lembar observasi dan tes tertulis. Jumlah keseluruhan siswa dalam satu kelas ialah 30 siswa.
Berbagai permasalahan siswa ialah 1) siswa tidak focus terhadap pembelajaran, 2) siswa Siswa tidak aktif 3) kurangnya motivasi belajar siswa. Pada siklus 1 motivasi belajar siswa meningkat pada range presentase “Sangat Tinggi” sebanyak 80 % dari 30 siswa. Indikator keberhasilan siswa telah tercapai dan siswa telah termotivasi dalam belajar setelah penggunaan metode pembelajaran tipe Group Investigation.
Hasil analisis data ini dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar siswa siklus I telah tercapai. Kesimpulannya bahwa motivasi belajar siswa kelas IV A SDN 012 Tarakan meningkat dengan menggunakan metode pembelajaran tipe Group Investigation.

Kata Kunci: Motivasi Belajar dan Metode Pembelajaran Group Investigation

The title of this study is “Increase motivation to learn IPS (Social sciences) using Learning Method Study Group Investigation at The Fourth Grade of SDN 012 Tarakan”. This study used class action research. This study was conducted on April 30 and June 30, the second semester of 2013/2014.The design of this study consisted of planning, implementation, observation and reflection. Data collection used observation sheet and written test. The total number of students in a class was 30 students. Some of the problems student sare; 1) students didn’t focus on learning; 2) Students didn’t active on learning; 3) lack of student motivation. In cycle one, students' motivation increased in the range of percentage of "Very High" as much as 80% of the 30 students. Indicators of student success have been achieved and student sare motivated to learn after using Learning Method Study Group Investigation. The results of this data analysis it can be concluded that the students' motivation first cycle has been reached. The conclusion that the fourth-grade students' motivation SDN 012 Tarakan increased by using a learning method type Group Investigation.

Detail Informasi