
Meningkatkan Keterampilan Membaca Nyaring Melalui Media Komik Pada Siswa Kelas IVA SDN 023 Tarakan
Pengarang : Indah Purnama Sari - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2013XML Detail Export Citation
Abstract
Setelah Proses Pembelajaran membaca nyaring melalui media komik, keterampilan membaca siswa meningkat. Peningkatan ini meliputi empat aspek membaca yaitu: intonasi, pelafalan, jeda, dan kelancaran membaca nyaring.
Peningkatan ini dapata dilihat dari setiap aspek membaca nyaring. Aspek intonasi pada prasiklus skor rata-rata 15,56, sedangkan pada siklus I menjadi 17,14 dan siklus II meningkat menjadi 21,67, aspek pelafalan pada prasiklus skor rata rata 17,75, sedangkan pada siklus I skor rata-rata kelas menjadi 16.43 dan pada siklus II meningkat menjadi 20,89, aspek jeda jga mengalami peningkatan pada prasiklus skor rata-rata 15,08, sedangkan pada siklus I menjadi 16,9 dan pada siklus II meningkat menjadi 20,86, pada aspek kelancaran membaca nyaring juga mengalami peningkatan dari skor rata-rata prasiklus sebesar 18,67 meningkat menjadi 19,98 pada siklus I dan siklus II meningkat menjadi 22,38.
Berdasarkan peningkatan skor dari setiap aspek membaca nyaring dapat dikatakan bahwa siswa mengalami peningkatan keterampilan membaca nyaring melalui media komik dari prasiklus ke siklus I sebesar 11,74%, siklus I ke siklus II sebesar 21,80%, dan dari prasiklus ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 36,10%. Peningkatan keterampilan membaca nyaring melalui media komik kelas IV SDN 023 Tarakan juga diikuti perubahan perilaku siswa.
Setelah dilaksanakan pembelajaran membaca nyaring melalui media komik terlihat adanya perubahan perilaku siswa ke arah positif. Dari hasil tersebut, penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan media komik dalam pembelajaran membaca nyaring siswa kelas IV SDN 023 Tarakan ini terbukti dapat meningkatakan keterampilan siswa dalam membaca nyaring.
After reading aloud the learning process through the medium of comics, increasing students’ reading skills. This increase includes the four aspects of reading are: intonation, pronunciation, pause, and a smooth read aloud. This improvement can be seen from every aspect of reading aloud. Aspects of intonation in prasiklus average score of 15.56, while in the first cycle to the second cycle 17.14 and rose to 21.67, on the aspects of pronunciation prasiklus average score of 17.75, while in the first cycle average score of the class become 16.43 and the second cycle increased to 20.89, pause aspect also increased the average score prasiklus 15.08, whereas in the first cycle to 16.9 and the second cycle increased to 20.86, on aspects of the smooth read aloud also increased from an average score of 18.67 prasiklus increased to 19.98 in the first cycle and second cycle increased to 22.38. Based on the increase in scores from every aspect of reading aloud can be said that the students have increased their reading skills through the medium of comics aloud from prasiklus to 11,74% for the first cycle, the first cycle to the second cycle of 21.80%, and the second cycle of prasiklus to increase amounted to 36.10%. Improved reading skills through the medium of comics aloud grade IV SDN 023 Tarakan also followed changes in student behavior. After reading aloud study conducted through the medium of comics seen a change in student behavior in a positive direction. From these results, the study concluded that the use of comic media in learning to read aloud 023 fourth grade students of SDN Tarakan proven to improve students’ skills in reading aloud.