The Eleventh Grade Students' Perception Of The Media Used In Teaching English At SMAS Frater Don Bosco Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of The Eleventh Grade Students' Perception Of The Media Used In Teaching English At SMAS Frater Don Bosco Tarakan

The Eleventh Grade Students' Perception Of The Media Used In Teaching English At SMAS Frater Don Bosco Tarakan

Pengarang : Asni - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2023
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI


Abstract

Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui (1) Jenis media yang digunakan dalam pengajaran Bahasa Inggris; dan (2) Persepsi siswa terhadap media yang digunakan oleh guru dalam mengajar Bahasa Inggris. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif yang dilakukan di SMAS Frater Don Bosco Tarakan pada bulan September – November 2022. Informan penelitian ini adalah siswa kelas XI IIS A yang berjumlah 25 orang. Data penelitian dikumpulkan dengan melakukan observasi non-partisipan, wawancara semi terstruktur mendalam, dan analisis dokumen. Dalam hal ini, peneliti juga menggunakan kuesioner sebagai instrument pendukung. Hasil temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa jenis media yang digunakan dalam pengajaran Bahasa Inggris termasuk papan tulis, buku Bahasa Inggris, Powerpoint (laptop & LCD) dan Google Chrome (smartphone). Sebagian siswa memberikan persepsi positif terhadap media yang digunakan dalam proses pembelajaran. Siswa berpendapat bahwa penggunaan media dalam proses pembelajaran Bahasa Inggris efektif dalam mempermudah proses pembelajaran, mendukung proses belajar mengajar, membuat siswa lebih percaya diri dalam belajar, siswa merasa senang dan tertarik untuk belajar, dan memotivasi siswa untuk belajar. Selain persepsi positif, sebagian siswa juga memberikan persepsi negatif terhadap media yang digunakan. Persepsi tersebut adalah siswa menjadi kurang aktif dalam belajar, media belum mampu meningkatkan empat keterampilan Bahasa Inggris siswa, dan guru kurang terlibat aktif dalam menjelaskan materi. Persepsi positif dan negatif tersebut dipengaruhi oleh beberapa faktor yang mempengaruhi persepsi. Faktor-faltor tersebut mencakup faktor pemersepsi, faktor situasi sosial dan faktor lingkungan belajar siswa. Temuan-temuan ini dapat menjadi bahan evaluasi bagi guru dan tenaga pendidik lainnya.

Kata Kunci: Media, Persepsi Siswa, Faktor Persepsi

This study intended to find out (1) the type of media used in teaching English, and (2) the students' perception of the media used by the teachers in teaching English. The study employed a qualitative descriptive method, which was carried out at SMAS Frater Don Bosco Tarakan in September-November 2022 The respondents consisted of 25 students of class XII IIS A. The data were collected by conducting non-participant observation, in-depth semi-structured interviews, document analysis, and a questionnaire as a supporting instrument. The findings of this study indicated that the types of media used in teaching English included whiteboards, English books, PowerPoints (laptop & LCD), and Google Chrome (smartphone). Some students had a positive perception of the media used in the learning process. Students argued that the use of media in the English learning process was effective in facilitating the learning process, supporting the teaching and learning process, making students more confident in learning, making students feel happy and interested in learning, and motivating students to learn. However, some students also had a negative perception of the media used. They were less active in learning. because the media had not been able to improve students' four-language skills, and the teacher was less actively involved in explaining materials. The positive and negative perceptions were influenced by several factors that influence perception These factors contained the perceiver factor, situation factor, and environmental condition factor. These findings could be used as an evaluation for teachers and other educators. Keywords: Media, Students' Perception, Perception Factor

Detail Informasi