Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Sumber Daya Alam Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Examples Non Examples Pada Siswa Kelas IV-5 SDN 018 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Sumber Daya Alam Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Examples Non Examples Pada Siswa Kelas IV-5 SDN 018 Tarakan

Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Sumber Daya Alam Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Examples Non Examples Pada Siswa Kelas IV-5 SDN 018 Tarakan

Pengarang : Hirma Agustina - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2013
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA siswa dengan penerapan model pembelajaran Examples non Examples di kelas IV-A SDN 018 Tarakan. Subjek Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini adalah siswa kelas IV-5 SDN 018 Tarakan yang berjumlah 30 siswa. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan dalam 2 siklus, masing-masing terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi/pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan observasi. Hasil belajar pada siklus 1 rata-rata yang diperoleh diperoleh 70 dengan ketuntasan belajar 63%, dan pada siklus II terjadi peningkatan hasil belajar dengan rata-rata 76 dengan ketuntasan belajar klasikal 80%. PTK ini adalah dengan penerapan model pembelajaran Examples non Examples di kelas IV-5 SDN 018 Tarakan.
Kesimpulan dari penelitian Tindakan Kelas ini adalah penelitian dengan menggunakan model pembelajaran Examples non Examples di kelas IV-5 SDN 018 Tarakan meningkatkan hasil belajar pada materi sumber daya alam.

Kata Kunci: Hasil Belajar, IPA, Examples Non-Examples

The purpose of this study to determine the increase in learning outcomes Civics students with the application of non-Examples Examples of learning models in class IV-A SDN 018 Tarakan. Subject Classroom Action Research (CAR) is the fourth-grade students of SDN 018-5 Tarakan which amounted to 41 students. Classroom Action Research (CAR) is carried out in two cycles, each consisting of four stages: planning, action, observation / observation and reflection. Data collection techniques used were tests and observation. Learning outcomes in cycle 1 obtained average gained 70 to 63% mastery learning, and the second cycle increasing learning outcomes by an average of 76 to 80% mastery learning classical. PTK is the application of learning models non-Examples Examples in class IV-5 018 Tarakan SDN. The conclusion of this Class Action research is research using non-Examples learning model in the class IV-5 018 Tarakan SDN improve learning outcomes in resource material. Keywords: Learning Achievement, Science, Examples Non Examples

Detail Informasi