
Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Menulis Karangan Sederhana Dengan Menggunakan Media Gambar Seri Di Kelas V-B SDN 010 Tarakan
Pengarang : Hamsina - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2013XML Detail Export Citation
Abstract
Penggunaan metode pembelajaran oleh guru yang cenderung sama dalam kurun waktu yang lama akan membuat siswa merasa bosan, sehingga hasil belajarnya pun akan rendah. Untuk itu, dibutuhkan suatu metode pembelajaran yang mampu membuat siswa termotivasi untuk meningkatkan hasil belajarnya. Salah satunya dengan menerapkan metode pembelajaran yang menggunakan gambar seri sebagai media. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah pembelajaran dengan menggunakan media gambar seri mampu meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan mengarang untuk pelajaran Bahasa Indonesia kelas 5 di SDN 010 Tarakan. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui solusi dari permasalahan yang ada.
Pada penelitian ini digunakan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 010 Tarakan. Adapun yang menjadi subjek penelitian ini adalah kelas 5 B SDN 010 Tarakan. Berdasarkan penelitian yang telah dilaksanakan, terjadi peningkatan hasil belajar siswa. Hal ini dapat terlihat dari perolehan hasil belajar siswa yang terus meningkat dari pra siklus, siklus 1 dan siklus 2. Pada pra siklus, ketuntasan siswa hanya mencapai 30 % (9 orang). Sementara itu, pada siklus 1 mulai terlihat adanya peningkatan hasil belajar siswa walaupun masih jauh dari target. Pada siklus 1 ini ketuntasan siswa sudah mencapai 60% (18 orang). Sedangkan pada siklus kedua hasil belajar siswa mengalami peningkatan yang signifikan dimana ketuntasan siswa mencapai 93 % (28 orang). Dengan demikian pembelajaran yang menggunakan media gambar seri sangat memberikan manfaat dalam meningkatkan pemahaman dan peningkatan hasil belajar siswa disamping strategi-strategi pembelajaran lain. Dengan penerapan model pembelajaran dengan menggunakan media gambar seri, siswa tampak merasa sangat senang dan termotivasi dalam mengikuti kegiatan belajar di kelas. Dengan begitu, pemahaman dan penerapan strategi-strategi pembelajaran merupakan cara ampuh yang harus diterapkan pendidik dalam meningkatkan hasil belajar siswa yang dilaksanakan melalui penelitian tindakan kelas, dengan hasil akhir yang sangat memuaskan, baik di pihak siswa maupun di pihak pendidik itu sendiri.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Gambar Seri, Mengarang
The using of learning model by teacher that is always same for century will make students bored, so it can cause a low score of students. So, it is needed an alternative of learning method that can help teacher to relieve students boredom. One of alternative methods is by applying serial pictures as media learning. The problem in this research is, “How is the serial pictures learning mesdia application able to increase students score in composition at SDN 010 Tarakan?” The goal of this research is to find solution of the problem. In this research, researcher used Classroom Action Research. This research took place at SDN 010 Tarakan and the subject is a 5th grade. According to the research, there were increase of students score, behavior and creativities. It can be seen at score comparison of pre cycle, first cycle and second cycle. In pre cycle, there was 30% (9 students) who reached target. While in first cycle, students’ score are increased although it was still far from the target. In second cycle, there was an significant increase of students’ score which are 28 students reached the target (93%). So, learning that used serial pictures as learning media gave benefits to increase comprehension and students’ score. Students looked so happy and motivated in following the class. So, the comprehension and learning strategies application is an effective way that must be applied by educator to increase students’ score that did by class action research. Keywords: Students’ Score, Serial Pictures, Composition