
Meningkatkan Kemampuan Mengarang Sederhana Dengan Menggunakan Media Gambar Di Kelas VA SD Citra Bangsa Tarakan
Pengarang : Genwati - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2013XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini adalah bagaimana Meningkatkan Kemampuan Mengarang Sederhana dengan Menggunakan Media Gambar di Kelas VA SD Citra Bangsa Tarakan. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran kemampuan mengarang sederhana dengan menggunakan media gambar di kelas VA SD Citra Bangsa Tarakan. subjek penelitian adalah siswa kelas VA yang terdiri dari 22 orang yang terdiri dari 10 siwa laki-laki, 12 siswa perempuan.
Jenis Penelitian ini memakai model penelitian tindakan kelas (PTK) dengan desain penelitian terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian dilaksanakan dua siklus.Media yang digunakan adalah media gambar. Adapun alat pengumpul data berupa tes unjuk kerja yakni, membuat karangan sederhana berdasarkan media gambar.
Berdasarkan hasil dari penelitian ini maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia pada penerapan keterampilan mengarang di kelas VA SD Citra Bangsa Tarakan. Dengan menggunakan dua siklus dalam proses pembelajaran rata-rata hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan. Nilai rata-rata hasil belajar siswa dari siklus I sebesar 71.4 dari 64.0, menjadi 80.7 pada siklus II, serta 18 siswa atau sebanyak 81.9% telah mencapai standar ketuntasan minimal yang ditetapkan yaitu 70.
This research is how Improve the Composing Ability by Using Picture Media in Fifth A Grade of Citra Bangsa Elementary School of Tarakan. The purpose of this research is to gain the illustration of simple composing ability by using picture media in fifth A grade of Citra Bangsa Elementary School of Tarakan. The subjects of the research are the students of fifth A grade, consist of 22 students, 10 is male students and 12 is female students. The kind of this research is class action research model with research design consists of planning, implementation, observation and reflection. The research is conducted by two cycles. Media that used is picture. The instrument is written test, making simple composition based on the picture media. Based on the result of this research, it can be concluded that learning by using picture media can improve the learning result of Indonesia Language in composing ability application of the fifth a grade in Citra Bangsa Elementary School of Tarakan. By using two cycles in the learning process, the average of students learning result from first cycle to second cycle improve. Avarage score of students learning result in first cycle is 71.4 from 64.0, become 80.7 in second cycle and 18 students or 81.59% reach the standard minimum of 70.