
Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Materi Bumi Dan Alam Semesta Melalui Model Pembelajaran Word Square Di Kelas VB SDN 004 Tarakan
Pengarang : Fitriani - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2013XML Detail Export Citation
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa dengan penerapan model pembelajaran Bumi dan AlamSemestadi kelas V-B SDN 004 Tarakan. Subjek Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini adalah siswa kelas V-B SDN 004 Tarakan yang berjumlah 33 siswa. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan dalam 2 siklus, masing-masing terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi/pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan observasi.
Hasil belajar pada siklus 1 ketuntasan belajar 67%, dan pada siklus II terjadi peningkatan hasil belajar dengan ketuntasan belajar klasikal 79%. PTK ini adalah dengan penerapanmodel pembelajaran Word Square di kelas V-B SDN 004 Tarakan.Kesimpulan dari penelitian tindakan kelas ini adalah penelitian dengan menggunakan model pembelajaran Word Square di kelas V-B SDN 004 Tarakan meningkatkan hasil belajar pada materi Bumi dan Alam Semesta.
Kata Kunci: Hasil Belajar, IPA, Word Square
The purpose of this study to determine the improvement of learning Achievement of students with the application of the science of learning in the classroom Word Square. V-B SDN 004 Tarakan. Subjects Classroom Action Research is class 004 V-B SDN Tarakan totaling 33 students. Classroom Action Research was conducted in two cycles, each consisting of four stages: planning, action, observation / observation and reflection. Data collection techniques used were tests and observation. Learning Achievement at cycle learning gained 67%, and on the second cycle increased 79% mastery learning classical. PTK is the application of learning models Word Square in class V-B SDN 004 Tarakan. It can be concluded that the use Word Square V-B SDN 004 Tarakan. Keywords Learning Achievement, Science, Word Square