Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Materi Menemukan Gagasan Utama Siswa Kelas V-A SDN 034 Tarakan Melalui Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Materi Menemukan Gagasan Utama Siswa Kelas V-A SDN 034 Tarakan Melalui Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC)

Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Materi Menemukan Gagasan Utama Siswa Kelas V-A SDN 034 Tarakan Melalui Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC)

Pengarang : Fitriah - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2013
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Materi Menemukan Gagasan Utama melalui Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) siswa SDN 034 Tarakan.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan mulai tanggal 4 februari – 30 April 2013. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas V-A SDN 034 Tarakan dengan jumlah 33 siswa, dengan rincian 12 siswa laki-laki dan 21 siswa perempuan
Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 2 siklus, masing-masing terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Model pembelajaran yang digunakan adalah model pembelajaran cooperative integrated reading and composition (CIRC).
Hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan hasil belajar, lembar observasi guru dan lembar observasi siswa. Hasil belajar siswa pada siklus I ketuntasan belajar klasikal 27,27% dan pada siklus II ketuntasan belajar klasikal 81,81%.
Kesimpulan PTK ini adalah model pembelajaran cooperative integrated reading and composition (CIRC) dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Kata Kunci: Hasil Belajar, Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC), Gagasan Utama

Tidak Tersedia Deskripsi

Detail Informasi