
Meningkatkan Hasil Belajar IPA Menggunakan Model Pembelajaran Make A Match Pada Materi Sumber Daya Alam Di Kelas IV-C SDN 012 Tarakan
Pengarang : Fitri Astari - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2013XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA menggunakan model pembelajaran make a match pada materi sumber daya alam di kelas IV-C SDN 012 Tarakan. Berdasarkan hasil observasi ditemukan adanya permasalahan, yaitu 1) siswa kurang aktif selama proses pembelajaran, dan 2) siswa merasa bosan selama proses pembelajaran karena pembelajaran berpusat pada guru.
Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 13 sampai 22 Mei 2013 semester genap tahun 2012/2013. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing terdiri dari 4 tahapan yaitu, perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar pengamatan dan tes.
Berdasarkan Persentase ketuntasan belajar secara klasikal pada siklus I sebesar 70% dan pada siklus II sebesar 93% yang telah mencapai nilai kriteria minimal.Kesimpulan dari penelitian tindakan kelas ini adalah model pembelajaran make a match pada pembelajaran IPA materi sumber daya alam di kelas IV-C SDN 012 Tarakan meningkatkan hasil belajar siswa.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Model Pembelajaran Make A Match
The research design of this research used Classroom Action Research (CAR). This research purposed to improve students’ science achievement by using make a match model on Nature Source of IV-C grade students at SD Negeri 012 Tarakan. Based on the preliminary study showed some problems in teaching learning process, namely 1) students had a lack of motivation in learning, 2) students bored toward the teaching activities. The research was done from 13 to 22 May 2013 in even semester 2012/2013. This research was done into some steps; planning, implementing, observing and reflecting. The research instruments were observation sheet and test. Based on the result of study in first cycle the students’ score was 70% and the second cycle was 93% of the percentage of students who gained the minimum score. By understanding the result of this study, it can be concluded that the Make A Match Model can improve the Students’ Achievement on Natural Resource at IV-C grade students of SD Negeri 012 Tarakan. Keywords: Make A Match, Students’ Achievement