Meningkatkan Hasil Belajar IPA Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Team Games Tournament) Di Kelas IV-A SDN 017 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Hasil Belajar IPA Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Team Games Tournament) Di Kelas IV-A SDN 017 Tarakan

Meningkatkan Hasil Belajar IPA Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Team Games Tournament) Di Kelas IV-A SDN 017 Tarakan

Pengarang : Esra Evi Rusliana - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2013
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Team Games Tournament) dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi dampak perubahan lingkungan dan pencegahannya pada siswa kelas IV-A di SDN 017 Tarakan. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam 2 siklus, yang terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, tindakan/observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa tes dan non tes.
Hasil belajar IPA sebelum penelitian diperoleh rata-rata 65,14 dengan ketuntasan belajar 46,43%, pada siklus I rata-rata diperoleh 67,71 dengan ketuntasan belajar 60,71%%, dan pada siklus II terjadi peningkatan hasil belajar dengan rata-rata 82,86 dengan ketuntasan belajar mencapai 92,86%. Kesimpulan dari PTK ini adalah hasil belajar IPA siswa kelas IV-A SDN 017 Tarakan dapat ditingkatkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Team Games Tournament).

Kata Kunci: Hasil Belajar, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Team Games Tournament)

The purpose of this research to known the application of the cooperative learning type TGT (Team Games Tournament) can be improving learning achievement of IPA matter the influence of environment change and the prevention in class SDN 017 IV-A at Tarakan. This class action research is doing in two cycles, which consists of four stages: planning, implementation, action/observation, and reflection. Data collection techniques used in the form of tests and non-test. The learning achievement of IPA before research gained an average of 65,14 with 46,43% mastery learning, in the first cycle an average yield of 67,71 to 60,71% mastery learning, and on the second cycle increased learning outcomes an average of 82,86 with a 92,86% achieved mastery learning. The conclusion of this PTK is learning achievement IPA at class IV-A SDN 017 Tarakan can improved using cooperative learning type TGT (Team Games Tournament). Keywords: Learning Achievement, Model of Cooperative Learning Type TGT (Team Games Tournament)

Detail Informasi