
Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Pada Materi Cerita Anak Melalui Model Snowball Throwing Di Kelas V A SDN 002 Tarakan
Pengarang : Erdianayanti - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2013XML Detail Export Citation
Abstract
Berdasarkan hasil observasi, pada siswa kelas V A SDN 002 Tarakan ditemukan adanya permasalahan, yaitu (1) siswa kurang terlibat pada kegiatan pembelajaran, (2) pengalaman belajar siswa yang kurang mendukung terciptanya kemauan belajar, (3) nilai atau hasil belajar siswa cenderung rendah, (4) siswa sulit memahami konsep atau materi pelajaran karena tidak disertai dengan kegiatan praktek. Selain itu, siswa menjadi bosan karena salam ini hanya metode ceramah saja yang digunakan guru dalam menyampaikan materi bahasa Indonesia, sehingga hasil belajar siswa cenderung rendah dan aktivitas siswa kurang berkembang.
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilaksanakan di SDN 002 Tarakan pada semester II tahun ajaran 2012/2013, dengan subjek penelitian adalah siswa kelas V A SDN 002 Tarakan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia pada materi cerita anak melalui model snowball throwing di kelas V A SDN 002 Tarakan. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dimana setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Instrument penelitian untuk memperoleh data perkembangan siswa adalah observasi terhadap perilaku siswa dan tes hasil belajar yang terdiri dari 5 soal uraian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pada hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil yang diperoleh pada setiap siklus, sebelum diberikan tindakan nilai rata-rata hasil belajar hanya 40.62 dan setelah diberikan tindakan pada siklus I nilai rata-rata hasil belajar siswa meningkat menjadi 71.56, pada siklus II meningkat menjadi 83.68. maka dapat dikatakan bahwa penelitian sudah berhasil dan sesuai dengan indikator keberhasilan.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran snowball throwing dapat meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia pada materi cerita anak siswa kelas V A SDN 002 Tarakan.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Snowball Throwing, Cerita Anak
Based on observation result, there were some problems found at class V A in SDN 002 Tarakan such as (1) students were not involved on teaching learning process, (2)students study experience were not support students’ will to study, (3) score and students’ achievement were always low, (4) students difficult to understand the concept and material because they never get practical activity. In addition, students bored because teacher in their class used speech method on teaching learning process so their achievement low and their activity were not develop. Classroom Action Research (CAR) implemented on SDN 002 Tarakan at second semester 2012/2013, the research subject is students at class V A SDN 002 Tarakan. This research purpose is improving students’ achievement on bahasa Indonesia subject in child story through snowball throwing model at class V A 002 Tarakan. This research took 2 cycles where every cycle consists of 2 meetings. Research instrument for obtaining students data development are observation for students’ behavior and students score which consists of 5 essays. Research result showed that students’ achievement was improved. It can see from result in every cycle, before action students’ average score only 40,62 and after action on the first cycle students’ average score increased 71,56, on the second cycle increased up to 83,68. So, this research succeed and suitable with the success indicator. Based on the research result, it can conclude by applying Snowball throwing model can improve students’ achievement on bahasa Indonesia subject in child story material at class V A in SDN 002 Tarakan. Keywords: Learning Outcomes, Snowball Throwing, Child Story