Meningkatkan Hasil Belajar PKn Materi Memahami Pentingnya Keutuhan NKRI Dengan Menggunakan Metode Diskusi Di Kelas VA SDN 024 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Hasil Belajar PKn Materi Memahami Pentingnya Keutuhan NKRI Dengan Menggunakan Metode Diskusi Di Kelas VA SDN 024 Tarakan

Meningkatkan Hasil Belajar PKn Materi Memahami Pentingnya Keutuhan NKRI Dengan Menggunakan Metode Diskusi Di Kelas VA SDN 024 Tarakan

Pengarang : Enosvri - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2013
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan metode diskusi dapat meningkatkan hasil belajar siswa materi pentingnya menjaga keutuhan Indonesia menggunakan metode diskusi di SDN 024 Tarakan. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam 2 siklus, yang terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, tindakan dan observasi, refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa tes dan non tes.
Metode diskusi mendorong siswa untuk berdialog dan bertukar pendapat, dengan tujuan agar siswa dapat terdorong untuk berpartisipasi secara optimal, tanpa ada aturan-aturan yang terlalu keras, namun tetap harus mengikuti etika yang disepakati bersama. Metode diskusi adalah cara memecahkan masalah yang dipelajari melalui urun pendapat dalam diskusi kelompok. Dalam pembelajaran dengan metode diskusi ini makin lebih memberi peluang pada siswa untuk terlibat secara aktif dalam pembelajaran walaupun guru masih menjadi kendali utama.
Hasil belajar PKn pada tes awal sebelum siklus diperoleh rata-rata 41,03 dengan ketuntasan belajar 6,45 % , pada siklus I rata-rata diperoleh 69,53 dengan ketuntasan belajar 63,64%, dan pada siklus II terjadi peningkatan hasil belajar dengan rata-rata 83,79 dengan ketuntasan belajar mencapai 90,91%. Kesimpulan dari PTK ini adalah penggunaan metode diskusi di kelas Va SDN 024 Tarakan dapat ditingkatkan.

Kata Kunci: Hasil Belajar, Metode Diskusi

The purpose of this research is to determine the application of the merthod of discussion to improve student learning outcomes with the material importance of maintaining the integrity of Indonesia using the method of discussion in SDN 024 Tarakan. The Classroom Action Research was conducted in two cycles, which consist of four stages: planning, implementing, action and observing, reflecting. The technique of collecting data is used in the form of tests and non-test. Discussion method encourages student to engage in dialogue and exchange opinions with the aim that students can be encourages to participate optimally, without any rules that are too hard, but still must follow agreed ethical. Discussion method is that learned how to solve problems thtrough express opinions in group discussions. In this learning the method of discussion provides a more opportunity for students to engage actively in the learning though teachers still a main control. Civil education learning achievement at the beginning of the test before cycle gained an average of 41.03 with 6.45% mastery learning, in the first cycle an average of 69.53 with a mastery learning gaineg 63.64% and in the second cycle increased learning achievement with average 83.79 by 90.91% reaching mastery learning. The conclusion of this Classroom Action Research (CAR) is the use of discussion method at SDN 024 Tarakan can be improved. Keywords: Learning Achievement, Method Of Discussion

Detail Informasi