
Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA Materi Sifat-Sifat Cahaya Menggunakan Metode Demonstrasi Di Kelas V-A SDN 006 Tarakan
Pengarang : Eliya Ding - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2013XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA pada materi sifat-sifat cahaya dengan subjek Penelitian Tindakan Kelas (PTK) siswa kelas VA SDN 006 Tarakan.
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini sebanyak 2 Siklus, masing-masing terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah tes hasil belajar, lembar penilaian psikomotorik siswa, lembar pengamatan aktivitas siswa dan lembar pengamatan aktivitas guru dalam pengelolaan pembelajaran.
Rata-rata hasil belajar pada aspek psikomotorik untuk semua aspek diperoleh siswa pada siklus I ke siklus II meningkat sebesar 12,57. Sedangkan rata-rata hasil belajar pada aspek kognitif yang diperoleh siswa pada siklus I 68,85 meningkat menjadi 71,28 pada siklus II dan persentase keberhasilan belajar secara klasikal pada siklus I sebesar 57,14% meningkat menjadi 82,85% pada siklus II.
Kesimpulan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini adalah penggunaan metode demonstrasi pada pembelajaran IPA pada siswa kelas V-A SDN 006 Tarakan dapat meningkat hasil belajar siswa.
Kata Kunci: Hasil Belajar, IPA, Metode Demonstrasi
This study aims to improve science learning outcomes in the material properties of the light to the subject of Classroom Action Research (CAR) SDN 006 VA graders Tarakan. Classroom Action Research (CAR) is as much as 2 cycles, each consisting of four stages: planning, action, observation and reflection. Data collection instruments used were achievement test, psychomotor student assessment sheets, observation sheets and student activity sheets observation of teachers in the management of learning activities. Average learning outcomes in the psychomotor aspect to all aspects of the students obtained in the first cycle to the second cycle increased by 12,57. While the average learning outcomes in the cognitive aspects of students gained 68,85 in the first cycle increased to 71,28 in the second cycle and the percentage of success in the classical learning in the first cycle increased by 57,14% to 82,85% in the second cycle. Conclusion Classroom Action Research (CAR) is the use of the method demonstration on science learning in class to Tarakan 006 VA SDN improved student learning outcomes. Keywords: Learning, Science, Method Demonstration