Meningkatkan Hasil Belajar PKn Pada Materi Lembaga, Pemerintahan Kabupaten, Kota Dan Provinsi Menggunakan Model Pembelajaran Scramble Difasilitasi Diskusi Siswa Kelas IV-A SDN 031 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Hasil Belajar PKn Pada Materi Lembaga, Pemerintahan Kabupaten, Kota Dan Provinsi Menggunakan Model Pembelajaran Scramble Difasilitasi Diskusi Siswa Kelas IV-A SDN 031 Tarakan

Meningkatkan Hasil Belajar PKn Pada Materi Lembaga, Pemerintahan Kabupaten, Kota Dan Provinsi Menggunakan Model Pembelajaran Scramble Difasilitasi Diskusi Siswa Kelas IV-A SDN 031 Tarakan

Pengarang : Dewi Suryani - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2013
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar PKN pada materi susunan lembaga pemerintaha kabupaten, kota dan provinsi dengan menggunakan model pembelajaran Scramble difasilitasi diskusi siswa kelas IVA SDN 031 Tarakan. Penelitian ini dilakukan pada semester II Tahun Ajaran 2012/2013 pada tanggal 24 Agustus 2012 s.d 7 September 2012.
Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus. Objek pada Penelitian Tindakan Kelas ini adalah siswa IV-A SD Negeri 031 Tarakan, yang terdiri atas 25 orang siswa Sementara itu objek pada Penelitian Tindakan Kelas ini adalah mengenai penerapan pembelajaran PKn dengan menggunakan model pembelajaran scramble difasilitasi diskusi pada materi lembaga, pemerintahan kabupaten, kota dan provinsi.
Berdasarkan rumusan masalah dari hasil penelitian serta pembahasannya, maka disimpulkan bahwa Model Pembelajaran Scramble dapat meningkatkan hasil belajar siswa Kelas IV-A SDN 031 Tarakan. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan nilai siklus 1 dan siklus 2. Berdasarkan analisis data, diperoleh aktivitas siswa dalam proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran scrambel dengan difasilitasi kegiatan diskusi sudah menunjukkan hasil yang baik dengan perolehan persentase ketuntasan pada siklus I sebesar 20% dan meningkat menjadi 82% pada siklus II.

Kata Kunci: PKn, Model Pembelajaran Scrambel, Diskusi

The purpose of this research to improve learning outcomes for PKN to the material composition of the institution pemerintaha counties, cities and provinces using learning model Scramble facilitated discussion grade IV-A SDN 031 Tarakan. The research was conducted in the second semester of Academic Year 2012/2013 on 24 August 2012 to 7 September 2012. This research is Classroom Action Research (CAR), which consists of 2 cycles. Objects on Classroom Action Research is the students IV-A Elementary School 031 Tarakan, consisting of 25 students while objects in this classroom action research is the application of learning using learning model Civics scramble facilitated discussions on the material agencies, county governments, city and provinces. Based on the formulation of the problem of the research and discussion, it was concluded that the Scramble Learning Model to improve student learning outcomes Class IV-A SDN 031 Tarakan. This is indicated by an increase in the value of cycle 1 and cycle 2. Based on data analysis, obtained by the activity in the learning process by using a model of learning with facilitated discussions scrambel already showing good results with the acquisition of percentage of completeness in the first cycle by 20% and increased to 82% in the second cycle. Keywords: Civic Education, Model Learning Scrambel, Discussion

Detail Informasi