Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Materi Petunjuk Melakukan Sesuatu Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Examples Non Examples Siswa Kelas IV-A SDN 049 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Materi Petunjuk Melakukan Sesuatu Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Examples Non Examples Siswa Kelas IV-A SDN 049 Tarakan

Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Materi Petunjuk Melakukan Sesuatu Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Examples Non Examples Siswa Kelas IV-A SDN 049 Tarakan

Pengarang : Darsimah - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2013
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Berdasarkan hasil observasi pada siswa kelas IV-A SDN 049 Tarakan ditemukan adanya permasalahan, yaitu lain (1) siswa kurang aktif dalam menyampikan pendapat, (2) siswa kurang antusias pada saat mengikuti kegiatan belajar mengajar dan (3) siswa tidak dilibatkan dalam pembelajaran langsung.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Bahasa siswa dengan penerapan model pembelajaran Examples non Examples Together di kelas IV-A SDN 049 Tarakan. Subjek Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini adalah siswa kelas IV-A SDN Utama 2 Tarakan yang berjumlah 40 siswa. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan dalam 2 siklus, masing-masing terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi/pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan observasi.
Hasil belajar Bahasa Indonesia pada siklus 1 ketuntasan belajar klasikal 70% dan siklus II memperoleh 82.5%. Kesimpulan PTK ini adalah penerapan model pembelajaran Examples non Examples di kelas IV-A SDN 049 Tarakan.
Kesimpulan dari penelitian Tindakan Kelas ini adalah penelitian dengan menggunakan model pembelajaran Examples non Examples di kelas IV-A SDN 049 Tarakan meningkatkan hasil belajar pada materi petunjuk melakukan sesuatu.

Kata Kunci: Hasil Belajar, Model Pembelajaran Examples non Examples

Based on observations in grade IV-A SDN 049 Tarakan find any problems, namely that (1) students are less active in the notice the opinion, (2) students are less enthusiastic when following the teaching and learning activities, and (3) students not directly involved in the learning. The purpose of this study to determine the students' language learning outcomes improved with the application of learning models non Examples Examples Together in class IV-A SDN 049 Tarakan. Subject Classroom Action Research is the fourth grade students of SDN-A Main 2 Tarakan, amounting to 40 students. Classroom Action Research is carried out in two cycles, each consisting of four stages: planning, action, observation / observation and reflection. Data collection techniques used were tests and observation. Indonesian learning outcomes in cycle 1 mastery learning classical 70% and 82.5% earn second cycle. This is the conclusion TOD application of learning models non Examples Examples in class IV-A SDN 049 Tarakan. The conclusion of this Class Action research is research using non Examples Examples learning model in the class IV-A SDN 049 Tarakan improve learning outcomes in guidance material to do something. Keywords: Learning Outcomes, Learning Model Examples Non Examples

Detail Informasi