
Meningkatkan Keterampilan Menulis Cerita Fantasi Menggunakan Metode Picture And Picture Berbantuan Media Visual Gambar Hero Mobile Legends Siswa Kelas VII SMP Negeri 11 Tarakan
Pengarang : Aji Purwoko - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2023XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis cerita fantasi dengan menerapkan metode Picture and Picture berbantu media Gambar hero mobile legends pada siswa kelas VII SMP Negeri 11 Tarakan. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus dengan desain atau tahapan mulai dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian siswa sebanyak 25 yang terdiri dari 12 siswa lakilaki dan 13 siswa perempuan, pengumpulan data mengunakan tes menulis cerita fantasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan metode picture and picture berbantu media gambar hero mobile legends dapat meningkatkan kemampuan menulis cerita fantasi pada siswa kelas VII-2 SMP Negeri 11 Tarakan. Berdasarkan hasil penelitian pada siklus I hasil tes kemampuan menulis cerita fantasi siswa hanya 15 siswa (60%) siswa yang tuntas, kemudian mengalami peningkatan sebesar 20% pada siklus II sehingga jumlah siswa yang tuntas menjadi 20 siswa (80%). Hal ini menunjukkan bahwa pada siklus II telah mencapai indikator keberhasilan yang ditentukan yaitu 75% dengan nilai kemampuan menulis cerita fantasi 75. Aspek kemampuan menulis cerita fantasi telah mencapai indikator keberhasilan, sehingga penelitian ini dapat dikatakan berhasil dengan katagori baik.
Kata Kunci: menulis cerita fantasi, metode picture and picture, penelitian tindakan kelas
The aim of this study was to help students in seventh grade at SMP Negeri 11 Tarakan improve their ability to write fantasy stories by using the Picture and Picture method and mobile legends hero image media. This kind of study employed classroom action research, which was conducted in two cycles with designs or phases beginning with planning, carrying out, observing, and reflecting. The research subjects were 25 students consisting of 12 male students and 13 female students. A writing test for fantasy stories was employed to gather the data. The results of the study indicated that the application of the picture and picture method assisted by media images of mobile legends heroes could improve the ability to write fantasy stories in class VII-2 students of SMP Negeri 11 Tarakan. Based on the findings of the study conducted in cycle 1, only 15 students (or 60%) were found to have the necessary writing skills to pass the test. However, this number increased by 20% in cycle II, reaching 20 students (or 80%), who successfully completed the test. This showed that in cycle 2 the specified success indicator was achieved, namely 75% with a value of 75 for the ability to write fantasy stories. Keywords : writing fantasy stories, picture and picture method, classroom action research