
Analisis Kemampuan Berpikir Komputasional Siswa Kelas IX SMP Negeri 7 Tarakan
Pengarang : Nurdaliah H. - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2023XML Detail Export Citation
Abstract
Kemampuan Berpikir Komputasional Matematis adalah kemampuan siswa dalam menyelesaikan masalah matematika melalui aspek dekomposisi, pengenalan pola, abstraksi dan berpikir algoritma untuk memperoleh penyelesaian. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kemampuan berpikir komputasional matematis siswa kelas IX-5 SMP Negeri 7 Tarakan dalam menyelesaikan soal sistem persamaan linier dua variabel. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari 2 siswa pada kategori tinggi, 1 siswa pada kategori sedang, dan 2 siswa pada kategori rendah. Teknik pengumpulan data menggunakan tes kemampuan berpikir komputasional matematis pada materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel dan wawancara, kemudian data dianalisis berdasarkan indikator berpikir komputasional matematis. Teknik pengumpulan data menggunakan tes kemampuan berpikir komputasional matematis dan wawancara, kemudian data dianalisis berdasarkan aspek dan indikator berpikir komputasional matematis siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan berpikir komputasional matematis siswa pada kategori tinggi dalam menyelesaikan soal sistem persamaan linier dua variabel menunjukkan bahwa subjek memenuhi setiap aspek berpikir komputasional matematis yakni (1) mampu mengidentifikasi informasi yang diketahui dan ditanyakan pada permasalahan (dekomposisi), (2) mampu mengenali pola dengan memisalkan variabel (pengenalan pola), (3) mampu menemukan informasi penting yang dibutuhkan untuk memecahkan permasalahan dengan membuat bentuk persamaan (abstraksi) dan (4) mampu menyebutkan langkah-langkah logis yang digunakan untuk menyelesaikan permasalahan dan menyimpulkan penyelesaian (berpikir algoritma). Selanjutnya kemampuan berpikir komputasional matematis siswa pada kategori sedang dalam menyelesaikan soal sistem persamaan linier dua variabel menunjukkan bahwa subjek memenuhi aspek dekomposisi dan berpikir algoritma, menariknya ia mampu menyelesaikan permasalahan tanpa melalui aspek pengenalan pola dan abstraksi dikarenakan subjek tidak terbiasa dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah. Sedangkan, kemampuan berpikir komputasional matematis siswa pada kategori rendah dalam menyelesaikan soal sistem persamaan linier dua variabel menunjukkan bahwa subjek hanya memenuhi aspek dekomposisi, dikarenakan subjek tidak terbiasa dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah dan belum mampu dalam berhitung.
Kata Kunci: Berpikir Komputasional Matematis, Pemecahan Masalah
The capacity to solve mathematical problems through aspects of decomposition, patern recognition, abstraction, and algorithmic reasoning is known as mathematical computational thinking ability. The purpose of this study was evaluate the class IX-5 students at SMP Negeri 7 Tarakan’s mathematical computational thinking abilities in relation to problems involving systems of two-variable linier equations. With a case study methodolody, this research was qualitative. Two students from the high category, one from the medium category, and two from the low category made up the subjects in this study. Interviews and a test of computational mathematical thinking were utilized to collect the data, which was then evaluated using markers of computational mathematical thinking. The content tested of was on the System of Linier Equations of Two Variables. Interviews and tests of mathematical computational thinking were utilized as the methods for gathering data, which were then examined based on the characteristics and indicators of students’ mathematical computational thinking. The result of this study indicates that students’ mathematical computational thinking skills in the high category in solving problems with a system of linier equations of two variables indicate that the subject fulfilles every aspect of mathematical computational thinking, namely (1) was able to identify information that was known and asked about problems (decomposition), (2) able to recognize patterns by exemplifying variables (pattern recognition) (3) able to find important information needed to solve problems by making equation (abstraction) and (4) able to mention the logical step used to solve problems and conclude solution (think algorithm). Additionally, student’s medium level mathematical computational thinking abilities in solving problems involving a system of linear equations with two variables demonstrated that the subject met the requirements for decomposition and algorithmic thinking. Coriously, however, the subject was able to solve problems without going through the requirements for pattern recognition and abstraction because the subject was not accustomed to answering problem solving question. Students low category computational thinking skills in mathematics when working through problems involving a system of linear equations with two variables suggested that the subject only met the decomposition requirement because they were not yet able to count and were not accustomed to solving problems. Keyword: Mathematical Computational Thinking, Problem Solving