
Pengaruh TQM dan Disiplin Kerja Terhadap Kualitas Pelayanan (Penelitian Pada Rumah Sakit Umum Daerah Tarakan Provinsi Kalimantan Utara)
Pengarang : Bagus Darmawan - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2019XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh total quality management (TQM) dan disiplin kerja terhadap kualitas pelayanan pada Rumah Sakit Umum Daerah Tarakan Provinsi Kalimantan Utara. Penelitian ini bersifat kuantitatif dengan teknik pengambilan data melalui penyebaran kuesioner dan data pustaka. Populasi pada penelitian ini berjumlah 386 orang dan sampel berjumlah 100 orang perawat Rumah Sakit Umum Daerah Tarakan Provinsi Kalimantan Utara. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling yaitu dimana perawat minimal bekerja 1 tahun masa kerjanya. Sampel dalam penelitan ini terjadi dari 100 responden perawat. Metode analisis data yang dipakai adalah regresi linier berganda. Teknik ini dipakai untuk mengetahui besarnya pengaruh total quality management (TQM) dan displin kerja terhadap kualitas pelayanan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa total quality management (TQM) dan disiplin kerja secara parsial memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kualitas pelayanan pada Rumah Sakit Umum Daerah Tarakan Provinsi Kalimantan Utara.
This study aims to determine the effect of total quality management (TQM and work disciplne on the quality of service at the Tarakan Regional General Hospital in North Kalimantan Province). This is quantitative research with data collection techniques through distributing questionnaires and library data. The population in this study amounted to 386 people and a sample of 100 nurses from the Tarakan Regional General Hospital in North Kalimantan Province. The sample collecting technique used in this research was purposive sampling. Where nurses work at least 1 year of service. The sample in this study consisted of 100 nurse respondents. The data analysis method used is multiple linier regression. This technique is used to determine the magnitude of the influence of total quality mangement (TQM) and work discipline partially had a positive and significant influence on the quality of service at the Regional General Hospital of North Kalimantan Province.