Analisis Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Melalui Penyelesaian Soal HOTS Pada Pembelajaran Biologi SMA Negeri 3 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Analisis Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Melalui Penyelesaian Soal HOTS Pada Pembelajaran Biologi SMA Negeri 3 Tarakan

Analisis Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Melalui Penyelesaian Soal HOTS Pada Pembelajaran Biologi SMA Negeri 3 Tarakan

Pengarang : Clara Maria Ariestha - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2023
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis High Order Thinking Skills siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 3 Tarakan pada materi biologi khususnya pada materi sistem pencernaan dan sistem ekskresi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 3 Tarakan yaitu 145 siswa, sedangkan sampel penelitian yaitu siswa kelas XI MIPA yang berjumlah 107 siswa dengan penentuan sampel menggunakan rumus Slovin. Data diperoleh berdasarkan skor yang dihasilkan dari soal HOTS berbentuk pilihan ganda yang diberikan pada siswa berjumlah 50 soal. Dengan cara perhitungan yaitu skor yang diperoleh siswa dibagi skor maksimum dikali 100%. Hasil penelitian menunjukkan persentase High Order Thinking Skills siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 3 Tarakan termasuk dalam kategori sangat kurang dengan nilai persentase 54%.Selanjutnya persentase pada indikator menganalisis termasuk dalam kategori cukup dengan nilai persentase 61%, indikator mengevaluasi termasuk dalam kategori sangat kurang dengan nilai persentase 50% dan indikator mencipta termasuk dalam kategori sangat kurang dengan nilai persentase 44%. Dengan demikian diperlukan peningkatan High Order Thinking Skills siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 3 Tarakan.

This research aimed to analyze high order thinking skills of class XI MIPA SMA Negeri 3 Tarakan students on biology material, aspecially on the digestive system and excretory system. This research used a descriptive method. The population of this study consisted of all 145 students in the eleventh grade at SMA Negeri 3 Tarakan, while the research sample consisted of 107 students in MIPA class XI, as determined by the Slovin formula. The data was obtained based on the scores obtained from HOTS questions in the form of multiple choices given to students totaling 50 questions. The calculation was done by dividing the scores obtained by students by the maximum score multiplied by 100%. the study’s findings revealed that, with a percentage value of 54%, the MIPA class XI student’s percentage of High Order Thinking Skills fell into the very low group. Next, the percentage of the analyzing indicator which was 61% was classified as sufficient. The evaluating indicator’s percentage value of 50% placed it in the extremely low category. The creative indicator was included in the very low category with a percentage value of 44%. Thus, it is necessary to improve High Order Thinking Skills of class XI MIPA SMA Negeri 3 Tarakan students.

Detail Informasi