
Analisis Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas VII SMPN 8 Tarakan Di Masa Pandemi Covid-19
Pengarang : Wildatul Fauzah - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2023XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keterampilan berpikir kreatif siswa pada mata pelajaran IPA kelas VII SMP Negeri 8 Tarakan di masa pandemi Covid-19. Menggunakan metode penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas VII SMP Negeri 8 Tarakan (217 Siswa). Pengumpulan data dilakukan dengan melalui angket dan wawancara pada guru mata pelajaran IPA. Hasil penelitian menunjukkan keterampilan berpikir kreatif siswa pada mata pelajaran IPA kelas VII SMP Negeri 8 Tarakan di masa pandemi Covid-19 tergolong kreatif. Jika dilihat dari masing-masing kelas maka keterampilan berpikir kreatif dari yang tertinggi hingga yang terendah adalah kelas VII 7, VII 1, VII 6, VII 2, VII 4, VII 3 dan VII 5. Pada kriteria interprestasi setiap indikator keterampilan berpikir kreatif menunjukkan fluency (kelancaran) sangat tinggi, indikator originality (keaslian) tinggi, flexibilty (keluwesan) dan elaboration (merinci) sedang.
Kata Kunci: Berpikir Kreatif, Mata Pelajaran IPA
This Study aims to analyze students’ creative thinking skills in science su bjects for class VII SMP 8 Tarakan during Covid-19 pandemic. Using descriptive research ,methods. The subjects of this research were class VII students in SMP Negeri 8 Tarakan (217 students). Data collection used questionnaires and interviews with science teachers. The results of study showed that students’ creative thinking skills in class VII students at SMP Negeri 8 Tarakan during the Covid-19 pandemic were classified as creative. When viewed from each class, the creative thinking skills from the highest to the lowest are grades VII 7, VII 1, VII 6, VII 2, VII 4, VII 3, and VII 5. In the interprestation criteria, each indicator of creative thinking skills shows fluency very high, indicator originality hight, flexibility and elaboration medium. Keywords: Creative Thinking, Science Subjects