
Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pemilihan Pasar Swalayan Sebagai Tempat Berbelanja (Studi Kasus Pada Pasar Swalayan Di Kota Tarakan)
Pengarang : Nirwana - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2018XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pemilihan pasar swalayan sebagai tempat berbelanja : lokasi, pelayanan, fasilitas dan keragaman barang di pasar swalayan Kota Tarakan. Metode sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Non Probability Sampling dengan teknik pengambilan sampel yaitu dengan menggunakan Purposive Sampling. Dengan pertimbangan bahwa populasi yang ada sangat besar jumlahnya, sehingga tidak memungkinkan untuk meneliti seluruh populasi yang ada. Sampel dalam penelitian ini merupakan masyarakat Kota Tarakan yang berbelanja di Pasar Swalayan. Jumlah responden sebanyak 100 orang. Metode analisis menggunakan analisis regresi dengan bantun program SPSS versi 16.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pertama faktor lokasi berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap keputusan pemilihan pasar swalayan sebagai tempat berbelanja. Kedua, faktor pelayanan menunjukkan pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pemilihan pasar swalayan sebagai tempat berbelanja. Ketiga, faktor fasilitas menunjukkan pengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap pemilihan pasar swalayan sebagai tempat berbelanja. Dan keempat faktor keberagaman barang menunjukkan pengaruh negatif dan tidak signifikan terhadapa pemilihan pasar swalayan sebagai tempat berbelanja. Sehingga dalam penelitian ini dapat dilihat bahwa faktor pelayanan yang mempunyai pengaruh terhadap pemilihan pasar swalayan sebagai tempat berbelanja di Kota Tarakan.
This study aims to determine the factors that influence the decision of supermarket selection as a place to shop: location, service, facilities and diversity of goods in the supermarket of Tarakan City. Sample method used id this research is non probability sampling with sampling technique that is by using purposive sampling. Considering that the population is very large in number, it is not possible to examine the entire population. The sample in this study is the people of Tarakan City who shop at Supermarkets, the number of respondents is 100 people. The method of analysis using regression analysis with the the help SPSS program version 16.0. The results of this study indicate that the first location factor has a positive but not significant effect on the decision of supermarket selection as a place to shop. Second, the service factor shows a positive and significant influence on the decision of supermarket selection as a place to shop. Third, facility factors show a negative and insignificant effect on the selection of supermarkets as a place to shop. And the four factors of diversity of goods show a negative and insignificant influence on the selection of supermarkets as a place to shop. So in the study can be seen that the service factors that have an influence on the selection of supermarkets as a place to shop in the city of Tarakan.