Pengembangan Media Audio Visual Berbasis Video Animasi Pada Pembelajaran Tematik Tema 4 Subtema 2 Kelas IV Di SDN 008 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengembangan Media Audio Visual Berbasis Video Animasi Pada Pembelajaran Tematik Tema 4 Subtema 2 Kelas IV Di SDN 008 Tarakan

Pengembangan Media Audio Visual Berbasis Video Animasi Pada Pembelajaran Tematik Tema 4 Subtema 2 Kelas IV Di SDN 008 Tarakan

Pengarang : Tenri Sanna - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2023
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini untuk menghasilkan media audio visual berbasis video animasi yang ditinjau dari validitas media, bahasa dan materi serta mengetahui ketertarikan siswa terhadap media pembelajaran video animasi. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan mengacu pada model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima fase yaitu, Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Hasil validasi yang diperoleh dari ahli media sebesar 88%, ahli bahasa 80%, dan ahli materi 98% menunjukan bahwa media pembelajaran video animasi sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran. Uji coba terbatas 99,2% dan uji coba lapangan 97,4% menunjukan bahwa media audio visual berbasis video animasi berada pada kategori menarik.

Kata Kunci: Penelitian dan Pengembangan, Audio Visual, Video Animasi

This research is to produce audio-visual media animation Video-based on reviewing the validity of the media, language, and material as well as knowing students' interest in animated video learning media. The type of research used is Research and Development (R&D). The development model used refers to the ADDIE development model which consists of five phases: Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. The validation results obtained from media experts 88%, linguists 80%, and material experts 98% showed that animated video learning media was feasible to use in the learning process. Limited trials of 98% and field trials of 97.4% indicated that audio-visual media animation video-based were in the interesting category. Keywords: Research and Development, Audio Visual, Animation Video

Detail Informasi