Analisis Implementasi Pendekatan Saintifik Dalam Pembelajaran Di Kelas III A SDN 024 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Analisis Implementasi Pendekatan Saintifik Dalam Pembelajaran Di Kelas III A SDN 024 Tarakan

Analisis Implementasi Pendekatan Saintifik Dalam Pembelajaran Di Kelas III A SDN 024 Tarakan

Pengarang : Majlan - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2023
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif yang dilaksanakan di SDN 024 Tarakan pada tahun ajaran 2022/2023. Terdapat satu fokus penelitian adalah Implementasi Pendekatan Saintifik Dalam Pembelajaran Di Kelas III A. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pendekatan saintifik dalam pembelajaran telah dilaksanakan di kelas III A SDN 024 Tarakan yang meliputi: a) dalam kegiatan mengamati, guru telah menentukan objek yang akan diamati oleh siswa yaitu sesuai dengan tema pembelajaran. b) dalam kegiatan menanya, guru telah memberikan kesempatan bertanya kepada siswa dan membimbing cara bertanya kepada siswa. c) dalam kegiatan menalar, siswa mampu menganalisis data dalam bentuk tabel data tersebut berasal dari hasil pengukuran tinggi dan berat badan siswa, siswa juga mampu mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru dengan baik dan juga siswa mampu memberikan umpan balik jawaban dengan baik ketika guru bertanya terkait materi pembelajaran. d) dalam kegiatan mencoba, guru melibatkan secara langsung siswa dalam kegiatan mencoba dimana guru melibatkan aktifitas pengamatan sesuai dengan materi pembelajaran. e) dalam kegiatan mengkomunikasikan, siswa mengkomunikasikan pengetauan mereka secara lisan ataupun tertulis dalam kegiatan kelompok maupun mandiri.

Kata Kunci: Implementasi, Pembelajaran, Pendekatan Saintifik

This qualitative research uses a descriptive approach conducted in the third grade of SDN 024 Tarakan in the 2022/2023 academic year. The research focus was the Scientific Approach Implementation in the learning process of third grade A. The research finding showed that the scientific approach had been implemented in third grade A of SDN 024 Tarakan. The first stage is observing activities, where the teacher has determined the object to be observed by students following the learning theme. The second stage is asking questions, in which the teacher allows students and guides them to ask questions. The third stage is reasoning activities, in which students can analyze data in tables that they gained from the results of measuring students' height and weight, do the tasks the teacher gave, and provide feedback on answers well when the teacher asks about learning material. The fourth stage is experiment activities. The teacher directly involves students in experiment. activities, where the teacher provides observation activities as the learning material describes. The last step is communicating activities. Students express their understanding in oral or written form in group and individual activities. Keywords: Implementation, Learning Process, Scientific Approach

Detail Informasi