Deskripsi Peran Kepala Sekolah Pada Kinerja Guru Di Masa Pandemi Covid-19 Di SDN 050 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Deskripsi Peran Kepala Sekolah Pada Kinerja Guru Di Masa Pandemi Covid-19 Di SDN 050 Tarakan

Deskripsi Peran Kepala Sekolah Pada Kinerja Guru Di Masa Pandemi Covid-19 Di SDN 050 Tarakan

Pengarang : Maulina Rasidah - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2023
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana peran kepala sekolah di masa pandemi COVID-19 pada kinerja guru di SDN 050 Tarakan. jenis penelitian ini yaitu kualitatif deskriptif. Fokus pada penelitian ini yaitu untuk melihat peran dari kepala sekolah pada kinerja guru di masa pandemi COVID-19. Sumber data pada penelitian ini yaitu data primer dan data skunder dengan informan yaitu kepala sekolah, pengawas sekolah, dan juga guru kelas 3C dan kelas 4B. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi serta menggunakan teknik analisis data kualitatif melalui proses reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa kepala sekolah SDN 050 Tarakan telah melaksanakan perannya (1) Sebagai educator yaitu melihat serta
mendorong guru dalam pelaksanaan pembelajaran online pada masa pandemi COVID-19 (2) Sebagai administrator yaitu perancangan pembelajaran dan terampil dalam melaksanakan pengelolaan sarana dan prasarana dimasa pandemi COVID-19 serta melakukan pemanfaatan teknologi pembelajaran, (3) Sebagai leader Mengarahkan guru dalam pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya, (4) Sebagai motivator melakukan evaluasi Hasil belajar untuk memotivasi guru. Penelitian ini di harapkan dapat menjawab permasalahan yang terjadi, dan penelitian ini diharapkan dapat menambah pengetahuan pembaca mengenai peran kepala sekolah pada kinerja guru pada masa pandemi COID-19.

Kata Kunci: Peran Kepala Sekolah, Kinerja Guru, SDN 050 Tarakan

The purpose of this study was to determine how the role of school principals affected teacher performance at SDN 050 Tarakan during the COVID-19 pandemic. This was a descriptive qualitative study. This study focused on the role of school principals in teacher performance during the COVID-19 pandemic. Primary and secondary data were used in this study, with informants including school principals, school supervisors, and class 3C and 4B teachers. The data was collected using observation, interviews, and documentation, and it was analyzed using qualitative data analysis techniques such as data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The results showed that the principal of SDN 050 Tarakan implemented (1) as an educator, namely observing and encouraging teachers to implement online learning during the COVID-19 pandemic. (2) as an administrator, namely designing learning and summarizing in carrying out management of facilities and infrastructure during a pandemic COVID-19 and utilizing learning technology, (3) as a leader, directing teachers in the development of students to actualize their various potentials, and (4) as a motivator to evaluate learning outcomes to motivate teachers. It is expected that this research could help to solve the problems that arise, and that it would increase readers' understanding the role of school principals on teacher performance during the COVID-19 pandemic. Keywords: The School Principal's Roles, Teacher Performance, SD Negeri 050 Tarakan

Detail Informasi