
Pengaruh Celebrity Endorser Melinda Rohita “Meyden” Di Media Sosial Tiktok Terhadap Minat Beli Secara Online (Studi Kasus Pada Mahasiswa Universitas Borneo Tarakan)
Pengarang : Anjelina - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2023XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh celebrity endorser Melinda Rohita “meyden” di media sosial TikTok terhadap minat beli secara online pada mahasiswa Universitas Borneo Tarakan dengan total 280 responden. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Pengukuran variabel pada penelitian ini menggunakan skala Likert. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda yang diolah menggunakan program SPSS versi 23. Hasil penelitian menunjukkan trustworthiness berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli secara online, attractiveness berpengaruh positif dan tidak signifikan, sedangkan expertise memberikan pengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap minat beli secara online.
Kata Kunci : Attractiveness, Trustworthiness, Expertise, Minat Beli
This study aimed to examine the effect of celebrity endorser Melinda Rohita"meyden" on social media TikTok on buying interest online for Students of theUniversity of Borneo Tarakan with a total of 280 respondents. This study uses aquantitative approach to the survey method. The Variable was measured with aLikert Scale. The analytical method used multiple regression analysis wasprocessed using SPSS version 23. The results showed trustworthiness has a positiveand significant effect on online purchase intention, whereas attractiveness andexpertise give a positive influence but are notsignificant on online purchaseintention. Keywords:Attractiveness,Trustworthiness, Expertise, purchase intention