
Pengaruh Kesiapan Belajar Dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas IX SMP Negeri 10 Tarakan
Pengarang : Defianti - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2023XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: pengaruh kesiapan belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa; pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa; pengaruh kesiapan belajar dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas IX SMP Negeri 10 Tarakan. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2021/2022. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode survei. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 90 siswa di kelas IX SMP Negeri 10 Tarakan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menyebarkan kuesioner kesiapan belajar dan motivasi belajar siswa dan dokumen penilaian akhir semester (PAS) semester genap tahun ajaran 2021/2022. Data yang diperoleh diolah dengan program pengolahan statistik yaitu menggunakan aplikasi SPSS 23.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh secara parsial antara kesiapan belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas IX SMP Negeri 10 Tarakan dengan persamaan regresi Ŷ = 40,220 + 0,341X1, dan terdapat pengaruh secara parsial motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas IX SMP Negeri 10 Tarakan dengan persamaan regresi Ŷ= 42,009 + 0,327X2. Selain itu hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan secara simultan antara kesiapan belajar dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas IX SMP Negeri 10 Tarakan, dengan persamaan regresi Ŷ = 41,624 + 0, 720X1 -0,421X2. Berdasarkan hasil analisis statistik maka dapat di simpulkan bahwa terdapat pengaruh positif antara kesiapan belajar dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika.
Kata Kunci: Kesiapan Belajar, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar Matematika
This study set out to determine the impact of learning readiness on students'mathematics learning achievement,the impact of learning motivation on students'mathematics learning achievement,and the combined impact of learning readinessand learning motivation on students in ninth grade at SMP Neger 10 Tarakan.Thisresearch was conducted in the even semester of the 2021/2022 academic year.Themethod was quantitative research with a survey approach. The sample in thisresearch was 90 students in class IX of SMP Negeri 10 Tarakan.The technique ofdata collection in this research was by distributing the questionnaire of students'learning readiness and learning motivation and the end of semester assessmentdocument(PAS) for the even semester of the academic year 2021/2022.The dataobtained was processed with a statistical processing program using the SPSS 23.0 application. The results of this research showed that there was a partial effect oflearning readiness on the mathematics learning achievement of grade IX studentsof SMP Negeri 10 Tarakan with the regression equation Y =40.220+0.341X1,andthere was a partial effect of learning motivation on the mathematics learningachievement of grade IX students of SMP Negeri 10 with regression equation Y=42.009+0.327X2.In addition,the results of the research showed that there was asignificant effect simultaneously of learning readiness and learning motivation onthe mathematics learning achievement of IX students of SMP Negeri 10 Tarakan,with the regression equation Y=41.624+0,720X1 -0.421X2. It can be concludedthat there was a positive influence of learning readiness and learning motivation onmathematics learning achievement. Keywords: Learning Readness, Learning Motivation, Mathmatics Learning Activement