Pengembangan Media Interaktif Metode Suku Kata Untuk Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas I SD Negeri 017 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengembangan Media Interaktif Metode Suku Kata Untuk Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas I SD Negeri 017 Tarakan

Pengembangan Media Interaktif Metode Suku Kata Untuk Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas I SD Negeri 017 Tarakan

Pengarang : Arfandi Zulfadli - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2023
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI


Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kelayakan media interaktif metode suku kata ditinjau dari validasi Ahli bahasa, ahli materi dan ahli media, serta ketertarikan ditinjau dari angket respon siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan mengacu pada model pengembangan ADDIE terdiri dari lima tahapan penelitian yaitu: 1) Analysis (analisis); 2) Design (Perancangan); 3) Development (Pengembangan); 4) Implementation (Implementasi); 5) Evaluation (Evaluasi) Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu: lembar validasi, dan angket ketertarikan siswa. Penelitian ini dilakukan di kelas I-B SD Negeri 017 Tarakan. Hasil validasi yang diperoleh dari ahli materi sebesar 86%, ahli bahasa sebesar 90% dan ahli media sebesar 96% dengan kategori sangat layak. Hasil dari angket respon siswa pada uji coba terbatas sebesar 96% dan pada uji coba lapangan sebesar 92% dengan kategori sangat menarik. Berdasarkan hasil validasi ahli materi, ahli bahasa, dan ahli media, respon siswa pada uji coba terbatas dan uji coba lapangan maka, media Interaktif metode suku kata dinyatakan layak dan menarik digunakan dalam proses pembelajaran.

Kata Kunci: Pengembangan Bahan Ajar, Media Interaktif, Metode Suku Kata, ADDIE

This study aimed to determine the feasibility of syllable interactive media in terms of the linguists experts, and media expersts validation and student response. Reseach and Development (R&D) was used in this research with the ADDIE model, which provides five stage; 1) Analysis, 2) Design, 3) Development, 4) Implementation, 5) Evaluation. The research instrument used was validation sheets and student interest questionnaires. This research subject was first grade B of SD Negeri 017 Tarakan. The validation result showed that the developed media was very decent to be used where material experts categorized it in 86%, linguists were90%, and media experts were 96%. Furthermore, student's responses to the media were 96%, and field trial scores were 92 %, with very interesting category. It is indicated that the syllable interactive media is declared feasible and interesting to use as beginning reading media in the learning process. Keywords: Teaching Material Development, Interactive Media, Syllable Method, ADDIE

Detail Informasi