Rancang Bangun Sistem Transmisi Sproket Rantai Pada Mobil Listrik | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Rancang Bangun Sistem Transmisi Sproket Rantai Pada  Mobil Listrik

Rancang Bangun Sistem Transmisi Sproket Rantai Pada Mobil Listrik

Pengarang : Jumaidi - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2023
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Salah satu sistem yang sering digunakan pada mobil listrik adalah sistem transmisi rantai. sistem transmisi rantai dapat menyalurkan daya lebih besar dibandingkan dengan sistem transmisi sabuk dan puli yang harus dilakukan penelitian atau uji coba lebih spesifik. Pada proses pembuatan mobil listrik dengan menggunakan motor listrik BLDC 3000 Watt dan menggunakan transmisi sprocket rantai dengan jumlah perbandingan sprocket gear yang di gunakan 14/42 dengan nomer rantai 40, mampu menghasilkan torsi sebesar, 17,49 Nm pada beban 45 kg, 23,23 Nm pada beban 55 kg, dan 31,49 Nm pada beban 65 kg, dan mampu menghasilkan kecepatan yang terbaca pada speedometer mobil listrik sebesar 33 km/jam pada beban 45 kg, 28 km/jam pada beban 55 kg dan 26 km/jam pada beban 65kg.

Kata Kunci: Mobil listrik, Sprocket rantai, Motor BLDC

One of the most frequently used systems in electric vehicles is the chain transmitting system The chain transmission system can supply more power than the belt and pulley system, in the process of making electric cars using the BLDC 3000-watt electric motor and using a chain sprocket transmission with a ratio of 14/42 sprocket gear with a chain number 40 able to generate torque 17 49 Nm at 45 kg. 23 23 Nm at 55 kg, and 31 49 Nm at 65 kg. It also produced speeds readable to electric cars at 33 km/h at 45 kg, 28 km/h kg and 26 km/h at 65kg loads . Keywords Electric Car, Chain Sprocket, BLDC Motor

Detail Informasi