
Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Power Point Dan Google Form Pada Materi Iklan Kelas V Di SDN 009 Tarakan
Pengarang : Saiful Arif - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2023XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kelayakan media pembelajaran interaktif power point dan google form ditinjau dari validasi ahli media, ahli materi, ahli bahasa dan ahli praktisi, serta kemenarikan yang ditinjau dari respon siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan atau research and development (R&D) mengacu pada model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahapan penelitian yaitu: 1) Analysis; 2) Design; 3) Development; 4) implementation; 5) evaluation. Penelitian ini menggunakan pengumpulan data berupa : lembar validasi, dan angket respon siswa. Penelitian ini dilakukan dikelas V SDN 009 Tarakan. Kelayakan media pembelajaran interaktif power point dan google form yang ditinjau melalui tahap validasi ahli media, ahli materi, ahli bahasa dan ahli praktisi. Hasil validasi yang diperoleh dari ahli media mencapai presentase sebesar 100%, validasi materi mencapai presentase sebesar 96% dan validasi bahasa mencapai presentase sebesar 86 %, dan juga validasi praktisi mencapai 96%. Bedasarkan hasil tersebut maka media pembelajaran interaktif power point dan google form pada materi iklan kelas V Di SDN 009 Tarakan sangat layak untuk digunakan. Angket kemenarikan siswa menyatakan bahwa tingkat kemenarikan media pembelajaran interaktif power point dan google form pada siswa berada pada kategori sangat menarik terbukti dengan persentase angket kemenarikan pada uji coba terbatas sebesar 86% dan uji coba lapangan sebesar 88% dengan kategori sangat menarik.
Kata Kunci: Pengembangan, Media Pembelajaran, Interaktif Power Point, Google Form
The study aimed to determine the feasibility of power point and google form interactive learning media in validating media expert, material expert, linguists, and practitioner experts, as well attractiveness regarding student responses. The ADDIE development model, which consisted of five research stage, namely: 1) Analysis; 2) Design; 3) Development; 4) implementation; 5) evaluation. The data was collected through validation sheets and student response questionnaires. This research was conducted in class V SDN 009 Tarakan. The feasibility of power point and google form interactive learning media was reviewed trough the validation stages of media expert, material expert, linguists, and practitioner experts. The validation result obtained from media experts reached 100% material validation was 96% language validation 86% and practitioner validation was 96%. These results made interactibe at SDN 009 Tarakan very feasible. The student attractiveness questionnaire stated that the level of attractiveness of power point and google form interactive learning media for student was in the attractive category, as evidenced by the percentage of attractiveness questionnaires in limited trials of 86% and field trials of 88% with exciting categories. Keywords: Development, Learning Media Interactive Powerpoint, Google Form