
Pengaruh Media Pembelajaran Big Book Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Kelas III SDN 001 Tanjung Selor
Pengarang : Rahel Silvina Uding - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2023XML Detail Export Citation
Abstract
Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Media Pembelajaran Big Book Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Kelas III SDN 001 Tanjung Selor. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Agustus 2022 di kelas III SDN 001 Tanjung Selor. Desain penelitian ini adalah Nonequivalent Group Pretest-Posttest Design dengan populasi siswa kelas III dan sampel terdiri atas dua kelas yaitu kelas III A sebagai kelas eksperimen dan III B sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampling Non-probability sampling dengan jenis sampling jenuh. Ananlisis data yang digunakan untuk menganalisis data hasil penelitian adalah deskriptif uji Independent t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan membaca siswa kelas eksperimen yang penerapannya menggunakan media pembelajaran Big Book lebih besar dari pada kemampuan membaca siswa di kelas kontrol yang diajar dengan pembelajaran langsung. Hasil uji Independent t-test terdapat pengaruh media pembelajaran Big Book dalam meningkatkan kemampuan membaca siswa dengan pembelajaran langsung ditinjau dari kemampuan membaca siswa diperoleh th = 4,994, pada taraf signifikansi 0,05 dan df = 51, diperoleh tt = 2,00758, maka didapatkan th ≥ tt (4,994 ≥ 2,00758). Dengan th ≥ tt maka dengan demikian, penerapan media pembelajaran Big Book memberikan pengaruh yang signifikan dalam meningkatkan kemampuan membaca siswa.
Kata Kunci: Media Pembelajaran Big Book, Kemampuan Membaca Siswa
The type of this research was a quasi-experimental study aimed at determining the effect of Big Book learning media in improving reading skill of class III students at SDN 001 Tanjung Selor. This study was carried out in class III at SDN 001 Tanjung Selor in August 2022. The study used a Nonequivalent Group Pretest-Posttest design with a population of class III students and a sample of two classes, class III A as the experimental class and class B as the control class. The sampling technique employed non-probability sampling with saturated sampling. The descriptive Independent t-test was used to analyze the research data. The finding revealed that the reading skill of students in the experimental class whose implementation used the Big Book learning media was greater than the reading skill of students in the control class who were taught through direct instruction. The results of the Independent t-test demonstrated the effect of Big Book learning media in improving students’ reading skill with direct learning, with th = 4,994, at a significance level of 0,05 and df = 51, tt = 2,00758, then obtained th ≥ tt (4,994 ≥ 2,00758). Thus, the use of Big Book learning media had a significant effect in improving students’ reading skill. Keywords: Big Book Learning Media, Student’s Reading Skill